Rahasia Seisha, Mahasiswa PBI UIN Ar-Raniry Yang Sukses Lulus UM-PTKIN

Sumberpost.com | Banda Aceh – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menjadi salah satu pilihan bagi siswa yang gagal lolos seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi UMPTKIN menjadi pilihan selanjutnya yang diikuti oleh siswa yang belum berhasil.

Salah satu diantaranya adalah Seisha Innaiya, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang berhasil lulus seleksi UMPTKIN tahun 2021.

Butuh perjuangan bagi Seisha untuk bisa lulus di UIN Ar-Raniry, apalagi di jurusan yang ia impikan. Sebelumnya ia tidak lolos di seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Walaupun sempat bersedih, tetapi kegagalan itu tidak membuat wanita kelahiran tahun 2003 ini menyesal dan tidak putus asa dalam menggapai mimpinya.

“Pernah dua kali gagal di SNMPTN dan SBMPTN. Tapi dua kejadian itu enggak buat Seisha menyesal sama sekali. Karena UIN juga gak kalah keren dari segi ilmu,” Kata Seisha, Senin (25/4/2022).

Ia menceritakan beberapa tips yang bisa ditiru. Menurutnya, tips yang paling utama adalah harus giat mencari dan mempelajari contoh soal dan kisi-kisi soal dari tahun-tahun sebelumnya.

“Karena soal UMPTKIN berbeda dengan ujian UTBK, terutama soal-soal yang berhubungan dengan agama,” kata Seisha.

Selanjutnya, Seisha juga menyarankan untuk menyiapkan atau membeli buku-buku yang berkaitan dengan soal UMPTKIN.

“Ini salah satu cara yang sangat memudahkan kita apalagi disaat senggang bisa memanfaatkan waktu untuk mempelajari tiap soalnya,” ujarnya.

Menurut Seisha, hal hal yang tidak boleh dilakukan saat mempersiapkan diri mengikuti seleksi UMPTKIN adalah bermalas-malasan dan tidak belajar sama sekali. Saat ujian belangsung juga tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang seperti melihat contekan.

“Gak boleh bermalas-malasan karena itu akan membuat kita tidak tau larah bagaimana ujian UMPTKIN berjalan,” ujarnya.

Walaupun sistem ujian UMPTKIN dilaksanakan secara Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Seisha mengaku tidak mengalami kendala pada saat ujian berlangsung.

“Alhamdulillah selama proses ujian berlangsung tidak mengalami kendala dan lancar,” jelasnya.

Seisha menuturkan alasan ia memilih prodi Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Ar-Raniry, karena UIN terkenal bagus Pendidikan Bahasanya termasuk Bahasa Inggris.

“Terkenal keren Bahasa Inggrisnya dan banyak guru-guru Seisha dulu di pesantren lulusan dari UIN yang keren-keren cara ngajarnya,” kata Seisha.

Pesan Seisha kepada adik-adik yang akan mengikuti UMPTKIN 2022, sebuah usaha pasti tidak akan menghianati hasil. Semua butuh proses. Dibalik setiap kesuksesan pasti ada upaya dan doa.

“Untuk adik-adik yang akan mengikuti UMPTKIN 2022, terus berikhtiar dan perbanyak doa. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkas Seisha. []

Reporter : Raudhatul Jannah
Editor : Hasni Hanum