Keseruan Bersama RL dalam Kahoot Super Games Antar Komunitas dan Himpunan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Forum Pintar Untuk Lingkungan Sekitar, Rumput Liar (RL) mengundang beberapa komunitas dan himpunan yang ada di kota Banda Aceh dengan total 122 peserta, Minggu, (29/05/2022).

Di tengah cuaca yang kurang mendukung dengan terpaan angin badai ditambah lagi hujan yang mengucuri bumi Serambi Mekah, tak menyurutkan minat para peserta untuk ikut andil dalam kegiatan RL Super Games.

Pada acara RL Kahoot (Super Games) kali ini membuat para peserta lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan, karena terdapat doorprize dengan total senilai Rp.1.000.000,- yang mana dalam kegiatan ini terdapat kurang lebih 100 pertanyaan secara acak. Terdiri dari pertanyaan logika, edukasi, pengetahuan umum dan lainnya. Dalam menjawab soal, peserta diberikan waktu 10 detik dari setiap pertanyaan dan yang menjadi penilaian untuk peserta mendapatkan doorprize, dilihat dari banyaknya total point yang diperoleh dari setiap peserta.

Dalam games ini terdiri dari 2 babak, yang pertama babak penyisihan dan kedua babak final. Pada babak penyisihan terdapat 25 orang dari 122 peserta. Dari 25 peserta akan bersaing kembali di babak final untuk mendapatkan doorprize sebagai pemenang dalam games tersebut.

Ada hal yang menarik loh dari kegiatan ini, yang mana anggota dari setiap komunitas tidak diperkenankan untuk bergabung sesama komunitasnya. Tujuannya untuk menjalin hubungan antar sesama komunitas dan himpunan.

Salah satu perwakilan dari komunitas Sahabat Hijau, Chika Priscila, sudah merasa jantungnya lebih cepat berdetak dari biasanya, sangat tidak sabar dengan dimulainya acara ini.

“Kok belum mulai, tapi udah bikin deg-degan ya,” ujar Chika.

Walaupun diawal games ia mengatakan seperti itu, akan tetapi ketika games berlangsung ia merasa enjoy dan sangat menikmatinya. Karena ternyata pertanyaan tersebut tidak sepenuhnya membahas mengenai edukasi ataupun penegetahuan umum, melainkan juga terdapat pertanyaan
logika.

Dalam kegiatan tersebut peserta dilarang untuk berdiskusi, akan tetapi ada beberapa peserta yang justru melakukannya. Namun panitia memperbolehkan untuk mengecoh peserta lainnya untuk mengganggu konsentrasi. Sehingga tidak sedikit peserta yang terkecoh karena adanya hal ini.

Perwakilan dari komunitas Asian Friendship Society, Amru Khalidi, sedikit kesal dengan kelompok sebelahnya yang menyebabkan poin lebih rendah daripada Hasnan.

“Yah padahal sedikit lagi poin aku lebih tinggi daripada si Hasnan, cuma gara-gara kelompok yang disamping aku ribut, jadi aku kurang konsen pas baca soalnya,” ucapnya kesal.

Banyak keseruan-keseruan yang terdapat dikegiatan ini, ditambah lagi pembawaan MC yang menarik dan ceria, sehingga peserta tidak merasa bosan untuk mengikuti rangkaian kegiatan.

Bukan hanya itu saja, peserta juga mendapatkan free snack yang memanjakan perut. Pada saat break, peserta diberi kesempatan untuk sharing mengenai komunitas dan himpunan yang sedang mereka jalani. Mulai dari visi misi, prosedur kerja, program kerja dan lain lain. Tujuannya untuk menginspirasi dan mengevaluasi antar sesama.

Diakhir kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang telah memenangkan games tersebut, dimana terdapat 3 orang pemenang. Juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp.500.000, juara 2 mendapatkan uang tunai sebesar Rp.300.000 dan juara 3 mendapatkan uang tunai sebesar Rp.200.000. Tidak hanya itu, panitia juga memberikan piagam sebagai bentuk penghargaan kepada para pemenang. []

Reporter : Anzelia anggrahini, Lukluk Chasanah, Herman (Mag)

Editor : Hasni Hanum