Prodi PTI Adakan Kuliah Umum, Sharing Dan Bimbingan Karir Dari Aceh ke Turki

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-raniry mengadakan kuliah umum dengan tema “Sharing dan Bimbingan Karir Dari Aceh ke Turki” di ruang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) lantai 2, Senin (27/06/2022).

Kegiatan ini turut menghadirkan dua narasumber yang diantaranya Rizqan Kamil sebagai penerima beasiswa Turkiye Burslari (YTB), dan Muhammad Ikhsan sebagai P. hD candidate – Sabahattin Zaim University, bidang Research Engineer di Chaosmatic, Turki.

Acara ini bertujuan untuk membimbing para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan atau berkarir di luar negeri, khususnya ke negara Turki.

Diskusi yang dilakukan secara online dan offline ini banyak membahas terkait pengalaman belajar dan bekerja di Turki yang memiliki banyak kesamaan budayanya.

Salah satu pemateri, Muhammad Ikhsan menjelaskan, jika ingin kuliah dengan beasiswa atau bekerja di Turki, maka perlu persiapan yang matang di bidang Ilmu pengetahuan serta skill yang mumpuni.

“Ilmu pengetahuan dan praktek atau skill harus seimbang agar saat bekerja bisa maksimal. Dan yang paling penting adalah niat dan usaha yang kuat agar hasilnya pun memuaskan,” jelasnya.

Kemudian Rizqan Kamil juga mengatakan, ketika sampai di luar negeri yang paling berpengaruh adalah iklim dan kulturnya.

“Hal yang umum dirasakan berbeda oleh orang Indonesia adalah makanan dan cuacanya. Namun dari segi budaya, lebih kurang mirip atau sama karena islami, jadi untuk beradaptasi dengan Turki cukup mudah,” pungkas Rizqan Kamil. []

Mag: Rahmatillah

Editor: Nurul Hidayah