Ribuan Maba Ikuti PBAK Luring UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Sumberpost.com I Banda Aceh – Setelah dua tahun digelar secara online karena pandemi Covid-19, kali ini sebanyak 3.902 mahasiswa baru (Maba) mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara luring (offline) di lapangan sepak bola Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, mulai dari Kamis (25/8) hingga Sabtu (27/8).

Rektor UIN Ar-Ranirry, Mujiburrahman, berpesan dalam kata sambutannya, kebahagiaan ketika menjadi mahasiswa jangan sampai melebihi satu semester. Maksudnya jangan sampai euphoria menjadi mahasiswa melalaikan mahasiswa dari tanggung jawab mendapatkan ilmu di kampus.

“Euphoria menjadi mahasiswa tidak boleh lebih dari satu semester, jangan sampai karena membanggakan diri menjadi mahasiswa membuat anda terlena, anda harus belajar menyelesaikan studi ini tepat waktu karena tidak ada tempat untuk main-main disini,” jelasnya, Kamis (25/8/2022).

Selain itu, Wakil Rektor III, Saifullah Idris juga berharap, jika mahasiswa baru UIN Ar-ranirry tahun 2022 ini bisa betul-betul mengeksplorasi semua yang mereka miliki, terutama pada keahlian-keahlian baik intelektual maupun spiritual.

“Untuk itu saya berharap jika seluruh mahasiswa baru mampu mengeksplore semua keahlian yang mereka miliki, baik dari sisi intelektual, spiritual, bahkan emosional. Terlebih lagi jika ada event-event nasional, itu bagian penting yang dibutuhkan,” jelasnya.

PBAK ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Pada hari pertama pengenalan dilaksanakan pada tingkat universitas, terdiri dari UKK, UKM, maahad Ar-Ranirry dan klinik UIN Ar-Ranirry. Kemudian pada hari kedua, pengenalan dilaksanakan pada tingkat fakultas dan pada hari terakhir pengenalan kampus kepada mahasiswa baru dilaksanakan pada tingkat program studi masing-masing. []

Reporter : Widdatul Hasanah

Editor: Saadatul Abadiah