Gelar Saweu Sikula, Himmaptika Kenalkan Alat Peraga Matematika Kepada Siswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himmaptika) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar kegiatan Saweu Sikula dengan tema “Sosialisasi Media Pembelajaran Matematika Untuk Memperkenalkan Alat Peraga Matematika kepada siswa di MIN 1 Aceh besar dan MTsN 1 Aceh Besar, Sabtu (10/12/2022).

Kegiatan ini merupakan program tahunan yang diadakan oleh divisi Hubungan Antar Lembaga (HuAL) Himmaptika dan bekerjasama dengan mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Workshop Media Pembelajaran Matematika.

Sekretaris panitia, Ulfa Maghfirah, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan alat peraga matematika serta kegunaannya sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika yang terkesan sulit.

“Tujuan dari pada kegiatan ini adalah memperkenalkan alat peraga matematika serta kegunaannya, untuk memudahkan siswa dalam memahami suatu materi dan juga mengajak siswa untuk keluar dari zona yang mengatakan bahwa matematika itu sulit,” imbuh Ulfa.

Pada kegiatan tersebut, mereka turut menyumbang beberapa alat peraga, yaitu Kantong Nilai Tempat, Lompat Kodok, Pattern Blok dan Blok Aljabar yang telah di buat oleh mahasiswa prodi Pendidikan Matematika untuk pertinggal di sekolah.

Disamping itu, Operator Kesiswaan MIN 1 Aceh Besar, Munawir, turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, pembelajaran di zaman modern sangat membutuhkan alat peraga untuk memudahkan siswa dalam memahami materi di sekolah.

“Kami dari pihak madrasah sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kita tau di zaman pembelajaran modern ini sangat membutuhkan alat peraga yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran,” imbuh Munawir.

Ia berharap agar kedepannya lebih banyak mahasiswa yang ikut membuat kegiatan serupa guna meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di sekolah.

“Harapan kami kedepan, akan ada lagi kegiatan-kegiatan seperti itu untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di sekolah-sekolah terutama Aceh Besar ini,” pungkasnya. []

Reporter: Widdatul Hasanah

Editor: Nurul Hidayah