Peringati Hari Anak Nasional, YFN Indonesia Gelar Kegiatan Literasi Anak Negeri

Sumberpost.com | Aceh Besar – Youth For Nation Indonesia (YFN ID) menyelenggarakan Kegiatan Literasi Anak Negeri dalam rangka memperingati Hari Anak Indonesia yang bertempat di SD Negeri Lamtamot, Aceh Besar, Sabtu (29/7/2023).

Kegiatan ini mengusung tema “Literasi Anak Negeri #BukuJendelaDunia sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Aceh” berkolaborasi dengan Raja Ratu Baca Aceh yang turut di dukung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dengan menghadirkan mobil pustaka keliling di SD Negeri Lamtamot Aceh Besar.

Kepala Sekolah SD Negeri Lamtamot, Irwan, turut menyambut kegaiatan Youth For Nation Indonesia dan Raja Ratu Baca Aceh dengan baik. Irwan sangat berterima kasih kepada YFN ID dan Raja Ratu Baca Aceh karena YFN ID memilih SDN Lamtamot sebagai lokasi kegiatan Literasi Anak Negeri ini.

“Terima kasih banyak saya ucapkan selaku kepala sekolah mewakili para guru di SDN Lamtamot karena YFN ID dan Raja Ratu Baca Aceh memilih sekolah ini sebagai lokasi kegiatan. Anak-anak di sini sangat antusias sekali dengan kegiatan literasi ini apalagi dengan hadirnya mobil pustaka keliling,” tuturnya.

Ratu Baca Aceh, Ita Farida menyatakan, kesan dari Kegiatan Literasi Anak Negeri hari ini yaitu senang sekali bisa menghadirkan mobil pustaka keliling sekaligus kesempatan untuk mengenalkan Perpustakaan Wilayah Banda Aeh kepada anak-anak di SDN Lamtamot, tentunya output dari kegiatan ini adalah memotivasi anak-anak untuk lebih rajin membaca karena buku adalah jendela dunia.

“Senang sekali hari ini berada di SDN Lamtamot dan bisa berkolaborasi dengan Youth For Nation Indonesia dalam kegiatan Literasi Anak Negeri serta saya sangat senang bisa menghadirkan mobil pustaka keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh sehingga kita dapat menumbuhkan minat baca anak-anak yang ada di seluruh penjuru negeri ini. Dan alhamdulillah output kita hari ini berhasil yaitu meningkatkan dan memotivasi anak-anak untuk dapat membaca dan memberikan mereka berbagai buku yang bisa menjadi bahan bacaan,” ujarnya.

Diva Azzahra selaku ketua panitia berharap kegiatan ini adalah dapat memberikan output kepada anak-anak di SDN Lamtamot, Aceh Besar untuk lebih melek literasi dan memiliki minat baca yang meningkat serta mengenalkan Perpustakaan Wilayah Banda Aceh dan mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Perpustakaan Wilayah Banda Aceh. Untuk setiap anak, setiap hak. Untuk setiap anak, kesetaraan. Untuk setiap anak inklusi.

“Saya berharap semoga dengan adanya kegiatan ini, anak-anak di SDN Lamtamot, Aceh Besar lebih melek akan literasi dan minat baca mereka bisa meningkat,” pungkasnya. [Rel]