Meriahkan HUT RI ke – 78, Gainpala Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Perairan Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa pecinta alam yang tergabung dalam Gainpala Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-raniry menggelar aksi pembentangan bendera merah putih di bawah laut Ujung Pancu, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (16/08/2023).

Aksi pembentangan bendera ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke – 78. Yang juga salah satu upaya mempromosikan wisata bawah laut, sekaligus kampanye penyelamatan terumbu karang.

Ketua Umum Gainpala, Riski menuturkan, aksi rehabilitasi terumbu karang sudah dilakukan beberapa kali, hal ini dilakukan untuk menjaga biota laut khusus di Ujung Pancu.

“Kami sudah beberapa kali melakukan aksi pembersihan atau rehabilitasi terumbu karang di wilayah pesisir Ujung Pancu ini. Bertepatan menjelang hari kemerdekaan, kami ingin membentangkan kembali bendera merah putih, sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan seperti biota laut,” tuturnya.

Riski menambahkan, aksi ini diikuti oleh delapan penyelam profesional diantaranya dari Gainpala, Basarnas Banda Aceh, hingga Possi Aceh yang juga ikut terlibat.

“Ada beberapa penyelam yang ikut serta, mereka sudah punya lesensi selam dan sudah profesional. Selain di atas permukaan air, tim ini juga membentang bendera dibawah laut dengan kedalaman 5 meter,” tambahnya.

Pembentangan bendera merah putih kali ini yang juga ikut melibatkan masyarakat, aparat TNI, Kesbangpol dan Forum Jurnalis Lingkungan (FJL). [Rel]