Waw, Ini Dia Beasiswa Etos Bagi Yang Ingin Kuliah

Beastudi Etos  adalah salah satu jejaring Dompet Dhuafa yang bergerak di bidang pendidikan berupa Program investasi SDM, yang fokus pada pembinaan, pendampingan dan pemberdayaan mahasiswa untuk Indonesia unggul dan berdaya. Beastudi Etos tersebar di 13 wilayah dan 15 PTN Se-Indonesia termasuk salah satunya di Aceh dengan PTN Universitas Syiah Kuala. Beastudi Etos saat ini telah mempunyai penerima manfaat sebanyak 399 orang dan 477 alumni. Penerima manfaat Beastudi Etos selanjutnya disebut sebagai Etoser.

Setiap peserta yang mendaftar seleksi beastudi Etos harus melewati empat tahap seleksi agar bisa menjadi seorang Etoser. Tahap-Tahap Seleksi tersebut adalah Seleksi Administrasi, Seleksi Tulis  dan Wawancara, Home Visit, dan lolos di PTN dan jurusan yang direkomendasikan Beastudi Etos melalui jalur regular.

Setiap Etoser menerima bantuan pendidikan berupa Penggantian biaya masuk PTN, SPP semester I dan II, Uang saku Rp. 500.000 per bulan selama empat tahun, Akomodasi asrama selama tiga tahun yang mana asrama itu merupakan media pembinaan dan pendampingan intensif  para etoser guna mencetak pribadi dan komunitas produktif. Asrama juga dikelola untuk meningkatkan kebersamaan dan loyalitas etoser dan menjadi bagian dari sistem kerja utama program Beastudi Etos, serta Etoser menerima Pelatihan, pembinaan dan pendampingan  selama 4 tahun. Secara umum ada tiga bagian pembinaan, yaitu pembinaan asrama (harian), pembinaan rutin (pekanan) dan pembinaan nasioal (tahunan). Pelatihan, pembinaan dan pendampingan ini dilakukan berdasarkan kurikulum berbasis karakter dan potensi individu guna pengembangan prestasi.

Persyaratan Umum untuk mengikuti seleksi Beastudi Etos adalah setiap peserta yang Lulus SMA/sederajat dan akan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN atau Ujian Mandiri Jalur regular dan diterima pada PTN dan jurusan yang direkomendasikan Beastudi Etos. Sedangkan pesyaratan khusus bagi peserta yaitu Berasal dari keluarga tidak mampu,  Melampirkan surat keterangan tidak mampu dan slip gaji/surat keterangan penghasilan orang tua dari ketua RT/DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) setempat, Mengisi Biodata Pendaftar,  Mengisi dan menandatangani akad Beastudi, Fotokopi raport SMA semester 1-5, Kartu Keluarga, KTP atau kartu pelajar dan STTB bagi yang telah lulus SMA/sederajat, Foto terbaru 4 x 6, 2 lembar, Foto rumah (tampak keseluruhan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur), dan Membuat tulisan tentang kisah perjalanan hidup sepanjang minimal 2 halaman folio (tulis tangan).

Semua persyaratan di kirim atau diantarkan langsung ke Asrama Beastudi Etos dengan alamat Jalan Rawa Sakti Timur Lr. II no. 45 Jeulingke-Banda Aceh, 23114. Mengenai formulir biodata dan akad penerima, serta Informasi lebih lengkap bisa ditemukan di asrama Beastudi Etsos ataupun dengan mengunjungi website www.beastudiindonesia.net serta facebook Beastudi Etos Aceh (CP: 087790034573 / 082365880302). (Rayful)