520 Mahasiswa Tarbiyah ikut Micro Teaching

Sebanyak 520 mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti kuliah umum Micro Teaching (8/3) di Auditorium Prof. A Hasjmy Banda Aceh.iain

Ketua Pelaksana Mawardi, M. Ag mengatakan, peserta yang mengikuti kuliah umum ini terdiri 470 peserta dari mahasiswa dan 50 peserta dari dosen Tarbiyah, yang akan membimbing mahasiswa nantinya pada praktikum.

“kegiatan ini berlangsung satu hari, para peserta dibekali dengan materi-materi dan dilanjutkan dengan diskusi, dan sekaligus membuka kuliah umum micro teaching fakultas tarbiyah selama satu semester ke depan”. Ujar Mawardi yang juga Ketua IDC.

Micro Teaching ini menghadirkan pemateri, Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M. Ed yang memaparkan materi tentang sosialisasi kurukulum 2013, dan Mawardi, M. Pd dengan materi system perkuliahan micro teaching.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih keterampilan mengajar bagi calon mahasiswa praktikum sebelum mereka bertatap muka langsung di sekolah.

“para peserta dipersiapkan keterampilannya dalam mengajar untuk praktek pada PPL (praktek kerja lapangan) disemester selanjutnya”.

Sekolah yang dipilih menjadi tempat PPL mahasiswa fakultas tarbiyah adalah sekolah-sekolah yang menjadi mirta Fakultas Tarbiyah, yaitu MI, SMP/MTs, SMA/MA yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sementara Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Muhibbutthabary, M. Ag mengatakan, dua hal yang menjadi program IAIN Ar-Raniry di masa mendatang dalam kaitannya dengan Praktek Lapangan Mahasiswa.

Disebutkan, Fakultas Tarbiyah berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme keguruan menuju peningkatan mutu pendidikan di Aceh. dan selanjutnya ke depan diharapkan PPL akan dikembangkan dengan memadukan pada Pengabdian Masyarakat di seluruh Kabupaten/kota. Katanya. [release]