Fakultas Dakwah Adakan Kuliah Umum Kelas Internasional

Imam The Islamic Center of Joplin, MO Amerika Serikat Lahmuddin, memberikan kuliah umum di kelas internasional Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry (22/3) di kampus itu.iain

Menurutnya, mahasiswa yang ikut kelas internasional ini sangat antusias dalam belajar, kemauannya tinggi, sehingga dalam proses belajar banyak diskusi.

“Selama dua jam dalam ruang, saya banyak menceritakan tentang pengalaman muslim yang minoritas tinggal dan menetap di Amerika”. Ujar Putera kelahiran Ranto Peureulak.

Dia menambahkan, Peluang mahasiswa di kelas internasional ini sangat baik, kita berharap mereka mendapat kesempatan beasiswa untuk belajar ke Amerika, dan ilmunya dapat aplikasikan di Fakultas Dakwah nantinya.

Lahmuddin juga menceritakan pengalamannya selama berada di Amerika, banyak tantangan yang dihadapi oleh masyarakat muslim disana, namum dengan adanya Islamic Center, masyarakat muslim disana dapat menuntut ilmu disana, begitu juga dengan anak-anak meraka.

“Anak-anak yang tinggal di Amerika banyak yang kreatif, di kelas belajar mereka aktif, namun orang tua harus ektra dalam mendidik tentang agama kepada anak-anaknya, untuk menyesuaikan apa yang didapatkan disekolah”.

Sementara Dekan Abdul Rani Usman mengatakan, Lahmuddin adalah seorang putera Aceh yang sudah lama menetap di Amerika, banyak pengalamannya yang dibutuhkan oleh mahasiswa di Fakultas Dakwah.

“Fakultas Dakwah mengundang beliau untuk memberikan kuliah pada kelas internasional, sebagai motivasi bagi mahasiswa, juga tempat berbagi informasi baik pengalaman maupun info beasiswa”.

Secara pribadi A. Rani berharap, alumni kelas Internasional ini dapan melanjutkan kuliah S2 nya nanti di luar negeri, ke depan alumni Dakwah dapat mengajar di Fakultas dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu dan pengalaman.

Kelas internasional Fakultas Dakwah harus mampu menyusun tugas akhir dengan bahasa asing (arab-inggris), mereka saat ini berjumlah 21 orang kelas Ingris dan 12 orang di Kelas Arab, 80% mata kuliah diajarkan menggunaan bahasa arab. Papar alumnus Unpad Bandung. [rilis]