Dakwah Gelar Seminar Internasional Ajaran Islam

Banda Aceh – Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar seminar internasional tentang perkembangan ajaran islam di Asia Tenggara (28/5) di Aula Hasan Basri kampus setempat.iain

Dekan Dr. A. Rani Usman, M.Si mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kerjasama dan hubungan antara Aceh dengan Negara-negara di Asia Tenggara melalui pendidikan.

“hubungan antara Aceh dan Negara Asia telah dilakukan oleh nenk moyang kita terdahulu baik melalui pendidikan maupun perdagangan, sekarang hubungan itu terus ditingkatkan demi teciptanya sebuah keharmonisan sesama orang islam”, kata Doktor Rani.

Ia menambahkan, dulu Aceh dicatat sebagai suku yang berani dalam mengusir penjajah, selain itu masyarakat Aceh juga memiliki pengetahuan lebih dibidang ilmu keislaman, oleh karena itu melalui hubungan pendidikan dan kampus ini diharapkan terwujud kemakmuran serantau nantinya.

“hasil dari seminar ini akan membuat kerjasama antara Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry dengan  Politeknik Sultan Azlan Shah Perak Malaysia terutama dibidang pendidikan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaiakan Koordinator Acara Dr. Jasfat, MA, menurutnya seminar Internasional ini merupakan salah satu bentuk membuka jaringan, yaitu hubungan antara Fakultas Dakwah dengan dunia luar.

Dikatakan, dari hasil seminar internasional ini, Politeknik Sultan Azlan Shah akan membuka Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) di kampusnya, yang nantinya dosen dari Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry akan mengajar di sana.

“kerjasama dibidang pendidikan ini adalah awal dari hubungan antara dua lembaga pendidikan, diharapkan akan berlanjut dengan program-porogram lainnya yang lebih ban yak lagi,” kata Jasafat.

Jasafat yang juga ketua jurusan KPI mengatakan, seminar ini dapat memberikan peluang bagi mahasiswa dan dosen di IAIN Ar-Raniry untuk mendapatkan pengayaan materi dari luar negeri, “ salah satu pengayaan intelektual yang butuhkan Fakultas Dakwah adalah mengorbitkan dosen-dosen yang memiliki potensi untuk berkiprah dan menjawab permasalahan keummatan di Negara-negara Asean”.

Pada seminar itu disampaikan beberapa materi, diantaranya Faktor yang mempengaruhi pembayaran zakat pendapatan, Performance of Islamic Banking system and Conventional Banking System after Financial Crisis, Pengenalan Ilmu Maqsid Syariah dan beberapa materi lain tentang Keislaman.

Sementara yang menjadi pemateri antara lain, Dr. A Rani Usman, Dr. Jasafat, Juhari Hasan, M.Si dari IAIN Ar-Raniry, sedangkan pemateri dari Malaysia adalah Mohd Fadzli Ahmad, Mohd Kamal Mat Desa, Wan Mohd Zul bin Wan Yusof, Asras bin Salleh, Marzuki bin Sepiaail, Nor Rahimy dan Mohd Burhan bin yusof.

Peserta sebayak 120 orang, terdiri dari civitas akademika dilingkungan Fakultas Dakwah dan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. [Nat]