Masyarakat Minta Tim Safari IAIN Tambah Jam Ceramah

Nagan Raya Tim safari ramadhan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dikirim ke kabupaten Nagan Raya diminta perpanjang dan menambah jam ceramah dilokasi pengabdiannya. Hal itu disampaikan Ketua Tim Samsul Bahri, M.Ag usai melakukan evaluasi tim safari (29/7) di Grand Nagan Hotel, Nagan Raya.

Dia mengatakan, hingga jelang malam terakhir ditiga kecamatan di Nagan Raya ini, masyarakat sangat antusias dengan kedatangan tim safari dari dosen-dosen senior kampus IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Jadwal yang ditetapkan oleh panitia kepada penceramah adalah mengisi taushiah setelah shalat isya dan tarawih, namum ada beberapa panitia masjid yang meminta kesediaan peceramah untuk mengisi ceramah ba’da shalat subuh,” ujar Samsul.

Lebih lanjut dikatakan, selain mengisi ceramah singkat setelah shalat tarawih dan subuh, ada juga yang meminta kesedian tim safari IAIN ini untuk mengisi ceramah dengan durasi yang lebih panjang, yaitu ceramah Nuzulul Quran,” ujar Samsul.

Menurutnya, tim safari ini juga mengisi pengajian kepada ibu-ibu yang tergabung dalam jamaah taklim dibeberapa tempat, ini sebagai bentuk dukungan program pemerintah dalam melaksanakan masyarakat mengaji ba’da magrib, untuk mensosialisasikan kepada ibu-ibu.

“Pada malam terakhir, tim safarai ramadhan mendapat undangan buka puasa dari tokoh masyarakat setempat, di kecamatan Kuala dan Kuala Pesisir dilaksanakan di kediaman camat setempat, sedangkan tim yang jadwal ceramahnya dikecamatan Seunagan diundang buka puasa di rumah imam masjid,” kata Samsu Bahri.

Hal yang sama disampaikan Ketua Pengawas kegiatan tersebut, Kamaruddin, M.Ag, disebutkan beberapa masjid lokasi ceramah mendapat sambutan baik dari masyarakat, sehingga beberapa masjid menjemput langsung penceramah dari penginapan untuk dibawa ke masjid sesuai dengan jadwalnya.

Sebagaimana diketahui, ada tiga kecamatan yang dipilih sebagai lokasi pengabdian, kecamatan Seunagan, Kuala dan Kuala Pesisir. “antara satu kecamatan dengan kecamatan lainnya lokasinya sangat jauh, jadi sangat membantu jika masyarakat mau menjemput,” Katanya.[]