56 Persen Orang Cari Nama Sendiri Di Google

Sumberpost.com – Disadari atau tidak, manusia memerlukan kepastian bahwa mereka sudah memiliki eksistensi diri di dunia ini. Salah satu caranya, adalah dengan googling nama sendiri di mesin pencarian.cybercrime

Seperti yang dilansir oleh Mashable (27/9), setidaknya 56 persen orang di dunia mencari namanya lewat Google. Hal ini didapatkan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Pew Research Center.

Angka ini sebenarnya meningkat pesat seiring dengan makin banyaknya pengguna internet. Pada 2001 lalu, hanya ada 22 persen orang saja yang melakukan hal ini.

“Di awal berkembangnya internet, mencari nama sendiri di internet bisa disebut sebagai tindakan untuk menunjukkan eksistensi. Namun, saat ini tindakan itu dilakukan untuk mengetahui jejak seseorang di dunia maya,” kata Mary Madden, peneliti dari Pew.

Dengan melakukan penelitian diri sendiri ini, seseorang jadi punya gambaran seperti apa dirinya atau orang lain. “pekerja, petugas administrasi, dan pasangan biasanya menggunakan mesin pencari untuk mengetahui apa saja yang pernah dilakukan seseorang. Hal ini menjadi sangat penting di era digital seperti ini,” tambahnya.

Angka 56 persen ini sendiri terlihat besar jika dibanding dengan apa yang terjadi sepuluh tahun lalu. Namun, sebenarnya angka tersebut tak pernah bergerak signifikan sejak 2009 lalu.

Lantas, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering googling nama sendiri di internet? [Mdk | ilustrasi Google]