Bergadang Bisa Ganggu Sel Otak ?

Sumberpost.com | Banda Aceh – Bergadang adalah satu hal yang tak lazim lagi di kalangan mahasiswa. Berbagai macam alasan, memaksa sebagian orang diantaranya terus melakukan kegiatan di tengah waktu istirahat malam. Namun, taukah kita apa efek buruk dari bergadang ?

Secara khusus, kepada Buletin Khupi Kampus, Ketua Bidang Riset, Sosialisasi, dan Edukasi Rhesus Negatif Indonesia, Dr. Natalina Cristianto Sabtu, (30/11) mengatakan bergadang merupakan kegiatan yang bisa  menganggu sel-sel di dalam tubuh manusia.

“Sel-sel dalam tubuh kita memerlukan istirahat. Ketika istirahat, semua sel melakukan regenerasi atau perbaikan terhadap fungsi-fungsinya. Hal itu hanya bisa dilakukan saat tubuh kita istirahat saja,” kata Dokter yang biasa disapa Natalina tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika bergadang berarti sel-sel di dalam tubuh tidak bisa melakukan regenerasi. Efek buruk dari kegiatan itu kata dia, tidak bisa dirasakan saat ini juga, namun akan terlihat saat memasuki usia 40an tahun.

“Selain itu juga, saat tidur terjadi proses perekaman memori oleh otak kita. Orang-orang yang mempunyai daya ingat tinggi dan bagus itu, biasanya orang-orang yang mempunyai manajemen waktu yang bagus. Dia tahu kapan waktunya tubuh beristirahat dan otak berisitirahat,” terangnya.

Ibu satu orang anak ini mengibaratkan otak seperti komputer yang perlu melakukan defragmented dan proses seperti itu terjadi saat tiduur. Komputer sambungnya, jika sala sekali tidak dilakukan defrag, maka sistemnya akan kacau dan berakhir dengan error. Begitu juga dengan otak kita,” ungkapnya

“Jadi pesan saya untuk adik-adik mahasiswa, sayangi tubuh kita, sayangi otak kita. Tidurlah dengan tenang,” katanya diakhir obrolan lewat jejaring sosial tersebut.[akang]