Begini Cara Daftar Masuk UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Buat Anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh kembali membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015, melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTAIN). Pendaftaran dibuka sejak 6 Mei hingga 20 Juni 2014 mendatang.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi sumberpost.com, Wakil Rektor I Muhibbuthabry kepada Humas UIN mengatakan, UMPTAIN ini merupakan pola seleksi secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN secara bersama, dan terpadu melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Untuk informasi mengenai syarat dan waktun pelaksanaan UM-PTAIN dapat dilihat pada situs resmi Klik Di sini. Pendaftaran secara online sudah dapat dilakukan dan ditutup pada 20 Juni mendatang. Selanjutnya ujian dilaksanakan pada 24 hingga 25 Juni, dan hasil tes akan diumumkan pada 22 Juli 2014 nanti,” jelas Muhibbthabry.

Ia menambahkan, calon mahasiswa dapat membaca petunjuk pendaftarannya pada situs Klik Di Sini, pada situs itu lengkap tata cara pendaftaran serta dijelaskan juga alur pendaftaran Klik Di Sini dan petunjuk lainnya.

Menurut Warek I, UIN Ar-Raniry membuka empat jalur untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa, yaitu jalur undangan disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN). Jalur ini telah berlangsung. Calon mahasiswa didaftarkan langsung oleh pihak sekolah masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan, jalur masuk yang sedang berlangsung saat ini adalah UM-PTAIN, batas akhirnya pada 20 Juni. Selanjutnya bagi yang belum lulus melalui dua jalur itu, calon mahasiswa UIN masih diberi kesempatan lagi melalui jalur SPMB UIN Ar-Raniry yang akan dibuka pada 22 hingga 26 Juli mendatang yang dapat diakses di Klik Di Sini.

“Sejak perubahan status dari IAIN menjadi UIN pada Oktober 2013 silam, mulai tahun ini UIN pertama sekali menerima mahasiswa dengan status Universitas, dan hasilnya sangat luar biasa, hingga 26 Mei jumlah calon mahasiswa yang telah mendaftar mencapai lebih kurang 1.000 orang, secara keseluruhan UIN Ar-Raniry akan menerima 4.500 mahasiswa untuk tahun 2014, ini juga terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya menerima 3.000 mahasiswa,” kata Mantan Dekan FITK itu. []