Edward : Ujung Pancu Punya Hubungan Dengan Wilayah Luar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Edward McKinnon mengatakan, dulu Ujung Pancu mempunyai hubungan dengan wilayah luar seperti China, Vietnam, Jepang, Inggris, dan negara lainnya, dalam Konferensi Internasional ICAIOS ke 5 (17/11) di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

“Itu dapat di buktikan dengan di temukan pecahan dan artefak yang sudah berumur ratusan tahun,” ungkap Edward dalam risetnya yang berjudul Recent finds at Lambaroneujid-Lhok Pancu,Kecamatan Lambadeuk.

Deddy Satria yang juga ikut melakukan riset dengan Edward mengatakan, di Ujung Pancu terdapat teknologi jaman dulu seperti alat pemecah logam, “Di temukan juga barang pecah belah dari Asia Selatan dan sisa-sisa metal,” ujar Deddy sambil memperlihatkan foto barang pecah belah dari abad 12.

Edward mengatakan wilayah Ujung Pancu turun 2 cm per tahunnya, “Ada beberapa kampung yang dulunya ada, tapi sekarang sudah tenggelam dan hilang akibat abrasi. Tambak yang di bangun pada tahun 90-an di Ujung Pancu juga hancur di hantam tsunami.” jelasnya.

Tambah Edward, nama Pancu sama dengan nama melayu yaitu Pancur yang artinya mata air, lokasi ujung pancu sendiri berdekatan dengan Kerajaan Indra Purwa.

 

Abdul hadi firsawan