Earth Hour Gelar Aksi Peduli Lingkungan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Memperingati 10 Tahun Tsunami, relawan Earth Hour menggelar aksi peduli lingkungan dalam bentuk gerakan penanaman 3500 batang pohon bakau di  Gampong Baro, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai 29 hingga 30 November 2014 mendatang. Aksi tersebut  bertujuan untuk menjaga lingkungan di sekitaran pinggiran pantai.Ini Aksiku Mana Aksi Mu (Foto M Iqbal-SeputarAceh.com)

Komunitas Earth Hour Aceh menanam mangrove di Gampong Baro (Foto M Iqbal)

“Aksi penanaman pohon bakau ini sebagai bentuk kepedulian relawan Earth Hour Aceh terhadap lingkungan. Mendekati peringatan 10 tahun Tsunami, teman-teman pun berinisiatif membuat sebuah aksi sederhana ini,” sebut Alhayat,  koordinator acara Sabtu (29/11/2014).

Dengan aksi sederhana ini, Relawan Earth Hour Aceh berharap sedikit kurangnya aksi tersebut bisa menjaga dan mengurangi ancaman dari abrasi pantai.

Beberapa hari lagi masyarakat Aceh akan memperingati 10 tahun Tsunami Aceh . Para relawan Earth Hour Aceh yang selama ini memilih focus untuk  mengkampanyekan penghematan energy. “kali ini tidak ingin tinggal diam melihat kondisi lingkungan pantai yang semestinya perlu perhatian serta perlindungan banyak pihak,” ujar Alhayat,

 Para relawan Earth Hour Aceh, juga ingin fokus mengkampanyekan serta berkontribusi langsung terhadap lingkungan pesisir pantai.

“Tsunami itu bisa datang kapan saja. Dengan adanya pohon bakau disekitar pinggiran pantai, sedikit kurangnya bisa mengurangi hantaman gelombang besar itu. Tidak hanya Tsunami, air laut pasang pun bisa mengancam keselamatan kita yang tinggal dibibir pantai. makanya, saya dan teman-teman Earth Hour Aceh tergerak melaksanakan kegiatan peduli lingkungan pesisir pantai ini,” terangnya.

Ia menambahkan, aksi peduli lingkungan pesisir pantai ini juga mengikut sertakan pihak aparatur gampong setempat. Sejak rencana penanaman 3500 pohon bakau itu dibicarakan dengan aparatur gampong, pihak gampong pun langsung menyambut antusias kegiatan tersebut.

Tjut Gunawan,  Geuchik Gampong Desa Baro mengatakan.  Sangat berterima kasih kepada relawan Earth Hour Aceh yang sudah berkontribusi ikut menjaga pinggiran pantai digampongnya lewat penanaman pohon bakau.

“Saya mewaliki seluruh masyarakat Gampong Baro mengucapkan terima kasih kepada relawan yang sudah menggelar aksi peduli lingkungan dengan menanam pohon bakau ditempat kami, semangat dari anak-anak muda yang peduli terhadap lingkungan ini patut diapresiasi,” katanya.[]

 RILIS | Foto : Muhammad Iqbal