Mahasiswa KPM UIN Ar Raniry Bentuk Perpustakaan Gampong

Sumberpost.com | Banda Aceh — Untuk meningkatkan minat baca anak-anak dan masyarakat di Gampong Piyeung Lhang Kecamatan Montasik, Aceh Besar. Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry membentuk perpustakaan gampong, Senin (12/01).

Syafrizal Elselatany, selaku ketua kelompok KPM di Gampong Piyeung Lhang, menjelaskan pembentukan perpustakaan ini merupakan salah satu program kelompoknya setelah melakukan observasi di desa setempat.

“Ini memang program kelompok kami di Gampong Piyeung Lhang karena mengingat sudah banyak gampong-gampong di Aceh ini yang sudah memiliki perpustakaan mini, maka kami berinisiatiflah untuk membentuk perpustakaan di gampong ini “ Katanya,

Geuchiek Gampong Piyeung Lhang, Murdani mengatakan, terbentuknya pustaka tersebut sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat Gampong Piyeung Lhang. “Terutama untuk anak-anak biar lebih gemar membaca dan semoga mereka juga mau menjaga perpustakaan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya di sela-sela memantau kegiatan mahasiswa KPM.

Dikatakan Murdani, pustaka itu sangat bermanfaat bagi masyarakat gampongnya, sebagai jendela ilmu untuk anak-anak dan masyarakat. Ia juga berharap kepada masyarakat untuk menggunakan dan menjaga bersama perpustakaan Gampong Piyeung Lhang.

Sementara itu, Sekretaris Desa Gampong Piyeung Lhang Yunus, mengapreasiasi program mahasiswa KPM UIN Ar Raniry tersebut, karena menurutnya minat masyarakat terhadap membaca masih sangat kurang. Yunus berharap dengan adanya perpustakaan tersebut minat membaca masyarakat gampong dapat meningkat dan masyarakat semakin cerdas dengan membaca.

Tulisan Mahahsiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan bahasa Inggris

Syafrizal Elselatany