PMI Sosialisasi Tanggap Bencana di Tangse

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, menggelar aksi dukungan sosial Praktek Trauma Healing sebagai wujud tanggap bencana terhadap anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Desa Peunalom, Tangse, Pidie, Sabtu (17/01). Kegiatan tersebut untuk mengurangi resiko trauma akibat konflik dan bencana alam.

Dalam kegiatan itu mereka memberikan pendidikan kebencanaan di dua SD, yaitu SD Peunalom dan SD Ujong Peunalom Dua dan melatih para siswa agar tanggap dan siaga saat bencana alam tiba.

Ketua jurusan PMI, T. Zuliadi mengatakan, pihak jurusan hanya memfokuskan untuk anak SD saja, “Karena merekakan sangat rentan terhadap masalah bencana, karena dua tahun yang lalu ada banjir bandang yang besar, yang menyisakan trauma terhadap anak- anak disana,” jelasnya.

Kegiatan itu di ikuti sebanyak 80 mahasiswa didampingi dosen dari jurusan PMI, di sana mereka akan menginap di rumah warga. Kegiatan tersebut hanya dilakukan selama satu hari.

Zuliadi berharap, kegiatan sosialisasi kebencanaan ini bisa menjadi kegiatan tahunan jurusan mereka. Menurutnya, seluruh anak-anak harus mengerti dan memahami pentingnya pendidikan kebencanaa.

“Kalau tidak ada kita yang menjelaskan, maka mereka tidak mengerti tentang siaga bencana yang menimpa daerah mereka nanti. Kami nanti juga akan mengunjungi daerah-daerah lain. ” tutupnya.

Zuhri Noviandi