Mahasiswa Punya Peran Penting Terhadap Pendangkalan Akidah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Syamsul Rizal mengungkapkan pentingnya peran mahasiswa terhadap pencegahan pendangkalan akidah yang belakangan ini marak terjadi di Aceh.

Hal itu Ia sampaikan saat berbicara dalam Diskusi Publik bertajuk Aceh dalam Ancaman Misionaris, Kamis (5/3/2015) di Aula Fakultas Syari’ah dan Hukum. Kegiatan yang di selenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Islam (HMJ HPI) ini bertujuan agar mahasiswa memahami mengenai pendangkalan akidah dan tujuan dari misionaris.

Syamsul Rizal mengatakan, untuk mencegah pendangkalan aqidah bisa di lakukan dengan cara berantai dan bekerjasama. Sebab penangkalan aqidah tidak hanya dari agama lain namun juga dari agama Islam.

“Mahasiswa harus belajar dan memperluas ilmu pengetahuan. Setelah itu, kita baru siap mencegah pendangkalan aqidah ini. Mahasiswa harus menjadi sarjana intelektual muslim, selain itu pemerintah juga harus ikut andil dalam pencegahan ini,” ujarnya.

Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, Syukri Yusuf menerangkan, jika tidak ada payung hukum yang jelas, maka pihak polisi pun tidak bisa menahan misionaris pendangkalan akidah. Ia berharap agar semua pihak peduli terhadap masalah ini. []

Rizaldi Ihsan | Foto : Ulfa Maghfirah