Pi-Agam, Ribuan Penonton Padati Auditorium Ali Hasjmy

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ribuan penonton menyaksikan pergelaran seni tradisional, Piasan Aneuk Galak Meuseuni (Pi-Agam) ke IX yang diprakarsai oleh Sanggar Seni Seulaweut (S3) UIN Ar-Raniry di Auditorium Ali Hasjmy kampus setempat, Sabtu malam (13/6/2015).

Ketua Umum Demisioner S3 Periode 2014-2015, Rizza Amanda Phonna menyebutkan, Pi-Agam bentuk apresiasi seni yang dipersembahkan S3 untuk membudidayakan seni tradisional Aceh.

“Ini sesuai degan visi dan misi kami yaitu untuk melestarikan seni dan budaya agar dapat dikenal di khalayak dunia,” kata Rizza di sela-sela acara.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Bagian Kerjasama dan Kemahasiswaan Syamsul Rizal  berharap, agar mahasiswa selaku kaum intelektual  mampu mengapresiasikan nilai-nilai seni dan budaya yang ada di Aceh . “Semoga nilai seni kita ini tidak hanya megah di lokal saja, tetapi harus go international,” kata Rizal.

Acara yang menyuguhkan berbagai tari tradisional dan kreasi seperti tari saman, likok pulo, ratoh jaro, ranup lampuan, dan rapai geleng, tersebut ditutup dengan penampilan penyanyi kondang Aceh Joel Pase dan Tangke Band.

“Acara kali ini memang luar biasa dan  patut kita apresiasikan, kita selaku kaum muda merasa sangat senang karena dapat menikmati hiburan yang berbau seni dan budaya ini, saya sangat tertarik karena dipertontonkan secara gratis, jarang-jarang bisa mendapatkan seperti ini,” ujar Qafrawi salah seorang penonton. []

Gahsyia MZ, Rizaldi Ikhsan