Cuaca Panas, Pepaya Banyak Dibeli

Sumberpost.com | Banda Aceh – Cuaca panas yang melanda Kota Banda Aceh beberapa hari ini, membuat masyarakat menjadikan buah sebagai minuman pelepas dahaga, diantaranya buah pepaya, semangka, dan melon.

Penjual buah di Lampineung, Banda Aceh, Irfan menyatakan, buah pepaya paling banyak dikonsumsi belakangan ini. Dalam sehari, kata Irfan, ia bisa menjual sampai 100 buah pepaya. Banyaknya permintaan terhadap pepaya membuat kedainya sering kekurangan stok.

“200 buah bisa habis dalam dua hari. Kalau puasa, buah memang banyak dibeli, tapi kalau cuaca panas kayak gini, makin banyak lagi yang beli,” kata Irfan, Senin (29/6/2015).

Permintaan terhadap pepaya kian meningkat, namun persediaan sedikit. Hal itu menyebabkan harga pepaya meningkat drastis. Saat ini pepaya dijual Rp20 ribu perbuah, sebelum puasa, buah ini dijual seharga Rp8 ribu perbuah.

Menurut Irfan, harga pepaya kemungkinan akan naik lagi. Sementara buah lain yang juga ramai dikonsumsi ketika cuaca panas ialah semangka dan melon. Masing-masing buah tersebut dijual seharga Rp6 ribu perkilogram untuk semangka, dan Rp16 ribu perkilogram untuk melon.

Novi, seorang pembeli buah semangka mengatakan, ia biasa berbuka puasa dengan minuman yang dicampur dengan semangka. Kata Novi, buah semangka bagus untuk melepas dahaga, terlebih bila cuaca sedang panas.

“Semangka bisa buat kita lega, apalagi kalau dibuat dingin, pakai es. Saya biasa konsumsi semangka kalau buka aja, kalau sahur enggak,” kata Novi. []

AHF