Bioskop, Wadah Untuk Nikmati Hasil Karya Film

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) pusat Yuliandre Darwis, mengatakan, untuk memajukan dunia perfilman di Aceh, bioskop adalah satu wadah bagi pecinta film untuk menikmati hasil karya perfilman di Aceh, Kamis (26/11/2015) di Aula Prof Madjid Ibrahim, lantai tiga kantor Bappeda Banda Aceh.

“Kalau wadah itu tidak ada bagaimana berkreatifitas dan menyampaikan gagasan-gagasan yang lebih inovatif,” ujarnya usai memberikan materi pada Seminar Nasional membahas Peran Media Terhadap Pembangunan Aceh.

Acara yang mengusung tema Film dan Musik Lokal Aceh Mau Dibawa ke Mana ini, turut dihadiri seniman musik Aceh Rafly Kande dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry A Rani Usman, yang juga pembicara pada Seminar Nasional dan pelantikan pengurus baru Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Aceh periode 2015-2019.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry A Rani Usman, turut mengutarakan, untuk memajukan musik dan film, Aceh harus mempunyai konsistensi dan jati diri karena di Aceh sangat banyak anak muda dan seniman yang penuh kreatifitas.

“Dalam sebuah karya harus terdapat nilai-nilai dan ciri khas budaya Aceh, seperti pantun,hikayat serta kebiasaan orang Aceh sendiri, musik dan film adalah gambaran realitas yang terjadi di tengah lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Namun, dekan fakultas dakwah dan komunikasi ini berharap, agar para seniman Aceh harus berani berekspansi agar bisa lebih berkembang. Ia juga menghimbau supaya seniman dan pemuda Aceh untuk terus berkreatifitas dalam berkarya.

“Pemerintah juga harus mendukung kreatifitas seniman yang ada di Aceh, baik dari segi motifasi maupun materil, karena daerah kita sangat banyak potensi yang belum tergali,” imbuhnya. []

Zuhri Noviandi