Midterm Bersyarat, Peraturan Siapa?

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kepala Ma’had al Jami’ah UIN Ar-Raniry Nurchalis Sofyan mengatakan, peraturan mengenai midterm bersyarat ada, karena kesepakatan yang dibuat oleh mahasantri dan ustazah di asrama.

Baca : Midterm Bersyarat, Mahasantri Diwajibkan Bawa Barang

“Jadi, mahasantri dan ustazah itu musyawarah dulu sebelum buat peraturan. Itu masing-masing gedung, tujuannya untuk keindahan asrama,” kata Nurchalis di ruangannya, Selasa (15/12/2015).

Ia menyebutkan, peraturan midterm bersyarat sudah dilakukan pada setiap angkatan. Saat ini sedang berlangsung program asrama untuk angkatan kelima. Midterm bersyarat dikenakan untuk mahasantri yang kurang disiplin dari segi kehadiran. Mahasantri yang dikenakan midterm bersyarat, diharuskan membawa barang seperti bunga, pot bunga, pel, dan rak sepatu.

Terkait dengan syarat yang mengharuskan mahasantri membawa rak sepatu, Nurchalis membantah. Karena pihaknya sudah menyediakan fasilitas rak sepatu disetiap gedung asrama.

“Kalau di suruh bawa (rak sepatu) tidak ada. Kita tidak menyuruh mahasantri untuk membeli rak sepatu karena rak sepatu udah ada semua. Kalau ada laporkan kepada saya. Kalau membebankan mahasiswa kita tidak. Peraturan (midterm bersyarat) itu kalau tidak dibawa juga tidak apa,” jelasnya.

Ia mengaku baru mendengar bahwa mahasantri yang kena midterm bersyarat diwajibkan bawa rak sepatu. Ia menandaskan, mahasantri tidak dikenakan biaya apapun ketika menjalani program asrama.

Sementara itu, mahasantri yang diwawancarai sumberpost.com mengaku tidak diajak musyawarah terkait peraturan midterm bersyarat. Mereka baru mengetahui barang apa yang harus dibawa sebagai syarat mengikuti midterm ketika dipanggil oleh ustazah.

Salah seorang mahasantri yang kena midterm bersyarat, Irma mengatakan, peraturan tersebut belum pernah dibicarakan dengan mahasantri. Ia sendiri baru mengetahui tentang midterm bersyarat dari pengumuman tertulis. Setelah itu ia baru dipanggil oleh ustazah dan disuruh membawa kain pel.

Selain itu, mahasantri dari asrama Yakesma, Rizkina mengatakan, ia diharuskan membawa rak sepatu agar bisa mengikuti midterm tahsin dan bahasa. Ia juga sudah membeli rak sepatu tersebut. []

Abd Hadi F | foto: internet