Makanan Masalah Utama yang Berpotensi Sebabkan Kanker

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka peringatan Hari Kangker Anak Sedunia lembaga Blood for Life Foundation (BFLF) bersama Rumah Zakat Aceh mengelar aksi damai di Simpang Lima Banda Aceh, Senin (15/2/2016).

Ketua BFLF Aceh, Michael Octaviano mengatakan, makanan menjadi masalah utama yang berpotensi menyebabkan kangker pada anak. Lanjutnya, BFLF banyak mendapati makanan yang tidak memiliki label pengamanan dari Badan Pengawasan Makanan dan Obat-obatan.

Selain itu, penggunaan bahan pestisida terlalu banyak terhadap buah-buahan dan sayuran penyebab kanker lainnya. Menurut data yang diperoleh BFLF, hampir 30 Anak di Aceh meninggal akibat kangker.

Ia mendorong pihak rumah sakit dan pemerintah agar menyediakan rumah sakit khusus kepada penderita kangker. Menurutnya, rumah sakit yang selama ini tersedia di Aceh tidak ramah terhadap pengobatan kanker pada Anak.

Sementara itu, banyak penderita kangker berasal dari keluarga kurang mampu. Mereka, kata Michael, umumnya terkendala biaya tranportasi saat membawa pasien kanker ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh dari kampung halamannya.

“Penanganan kangker bukan sehari dua hari, tapi bisa setahun. Sehingga dibutuhkan rumah singgah yang dikelola pemerintah agar anak kangker tidak lagi pulang pergi ke kampunganya selama proses pengobatan,” ujar Michael.

Ia berharap kepada seluruh stakeholder agar lebih peduli terhadap penderita kangker, sehingga bersedia membangun rumah singgah bagi anak kangker di setiap daerah. []

Aprizal Rachmad | Foto: Abd Hadi F