Masa Pendaftaran Ulang Semester Genap Program Ma’had Diperpanjang

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Ma’had (asrama) UIN Ar-Raniry memperpanjang masa pendaftaran ulang bagi mahasiswa yang sebelumnya telah mendaftarkan diri ikut program tersebut. Perpanjangan dilakukan hingga seminggu setelah program asrama aktif pada Senin (21/3/2016).

Kepala Kepala Ma’had Al-Jami’ah dan Asrama UIN Ar-Raniry, Nurchalis Soyyan mengatakan, mahasiswa yang telah mendaftar program asrama tahun ajaran 2015/2016 gelombang kedua dijadwalkan untuk chek-in kamar pada 17-19 Maret 2016.

Namun karena hingga kemarin masih ada mahasantri yang belum mendaftar ulang, jadwal diperpanjang sampai 26 Maret 2016. Sampai saat kemarin, kata Nurchalis, dari total 1370 kuota asrama tahun ini, 1260 mahasiswa sudah mendaftar ulang, diantaranya 385 untuk mahasantri putra dan 875 untuk mahasantri putri.

“Untuk santriwan sudah penuh, ini yang diperpanjang untuk santriwati,” kata Nurchalis saat dihubungi sumberpost.com pada Sabtu (19/3/2016)

Sebenarnya, asrama UIN Ar-Raniry sendiri dapat menampung 1400 mahasiswa. Namun, pada gelombang ini dikurangi karena adanya penambahan Mandi, Cuci, Kakus (MCK). Nurchalis berujar, Untuk tahun depan, kuota asrama akan kembali 1400.

Dalam program Ma’had al Jamiah, mahasantri akan dibekali tentang ilmu membaca alquran, belajar ilmu Fiqih dengan mendatangkan langsung ustadz-ustadz dari Arab, belajar ceramah, dan belajar bersosial.

Ia berharap, santriwan dan santriwati yang menjalani program ma’had semester genap ini dapat merubah karakter menjadi pribadi yang lebih positif. Tujuan ma’had, tuturnya, untuk melahirkan generasi yang bermanfaat dan mampu menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dakwah hingga ruang lingkup internasional nantinya. []

Magang: Sara Masroni