Tahun Ini Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry Dites Urine

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Senin (21/03/2016).

Kerja sama tersebut dilaksanakan pada Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda semester ganjil 2015/2016. Naskah kerja sama ditandatangai oleh Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim dengan Kepala BNNP Aceh Armensyah Thay, disaksikan Kepala Pencegahan Khairan.

Rektor Farid menyebutkan, kerja sama yang pihaknya lakukan dengan BNNP Aceh ialah dalam bidang pencegahan narkoba untuk mahasiswa dan karyawan dilingkungan UIN Ar-Raniry. Dosen dan karyawan nantinya akan dilakukan tes urine.

“Dalam waktu dekat ini akan dites pada mahasiswa baru. Seluruh calon mahasiswa UIN Ar-Raniry tahun ini akan dites urine, ini dilakukan untuk mencegah dan mengharamkan narkoba masuk kampus,” tandas Rektor.

Sementara itu, Kepala BNNP Aceh Armensyah berjanji akan memfasilitasi keperluan yang berkaitan dengan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran narkoba dilingkungan kampus.

“Tujuan utama dari kerja sama ini, untuk membantu UIN dalam mencegah masuknya narkoba di Kampus. Karena jika pencegahan dapat dilakukan dengan baik, maka semuanya akan berjalan dengan baik,” ujar Armen.

Ia menegaskan, mulai tahun ini semua calon mahasiswa baru UIN Ar-Raniry akan dites urine untuk mengetahui apakah terdapat zat narkotika atau tidak dalam tubuh mahasiswa baru.

Sementara itu, kedua belah pihak akan memfasilitasi dan menyiapkan tenaga untuk sosialisasi, termasuk tes urine bagi calon mahasiswa baru, calon PNS, dan karyawan di UIN Ar-Raniry. []

Abd Hadi F | Foto: dok. Rektor UIN Ar-Raniry teken MoU dengan Bupati Simeulu