UIN Ar-Raniry Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Sumberpost.com | Banda Aceh – Jelang penerimaan mahasiswa baru 2016, UIN Ar-Raniry Banda Aceh melakukan sosialisasi tentang teknik dan cara pendaftaran bagi calon mahasiswa baru pada sekolah-sekolah di seluruh Aceh. Salah satu tempat yang dipilih pada sosialisasi tahun ini di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Muhibbuthabry disela-sela sosialisasi, Rabu (30/3/2016) di Aula utama SMA Tunas Bangsa Abdya mengatakan, sosialisasi yang dilakukan, ialah tentang teknik pendaftaran, arahan pemilihan program studi dan juga motivasi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi bagi siswa-siswa.

“Alhamdulillah dari beberapa kali kita melakukan sosialisasi seperti ini, selalu mendapat sambutan hangat dan baik dari siswa dan dewan guru di Abdya, difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Abdya, yang merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah dilakukan antara UIN Ar-Raniry dengan Pemerintah Abdya beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Muhibbuthabry menambahkan, dalam sosialisasi itu, ratusan siswa dari beberapa sekolah di Abdya yang berkumpul di SMA Tunas Bangsa.

Lebih lanjut kata Muhibbuthabry, bulan lalu sebanyak delapan tim dari UIN telah melakukan sosialisasi ini ke sekolah di seluruh kabupaten kota di Aceh, kegiatan yang dilakukan juga sama yaitu memberikan pemahaman bagi siswa dalam memilih program studi dan teknik pendaftaran.

Sekretaris Daerah Abdya, Ramli Bahar mengatakan, pemerintah Abdya menyambut baik kehadiran tim dari UIN Ar-Raniry untuk melakukan sosialisasi kepada siswa. Sebelumnya juga ada beberapa kampus yang telah melakukan kegiatan sosialisasi masuk perguruan tinggi.

“Proses pendidikan ini akan menentukan bagaimana masa depan kita, masa depan keluarga dan masa depan negeri ini, dalam sosialisasi itu juga diberikan motivasi kepada siswa agar tidak membuang-buang waktu untuk melanjutkan pendidikannya, karena masa muda itu merupakan masa yang paling siap untuk menentukan masa depan,” tegas Ramli.

Sementara itu, Kepala Dinas pendidikan Abdya, Yusnaidi menyebutkan, pada 2015 lalu, putera-puteri Abdya yang masuk ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh berjumlah 240-an, 102 orang diantaranya lulus dengan jalur undangan dan sekitar 140-an lulus melalui jalur Tes, semoga dengan sosialisasi hari ini akan menambah motiivasi anak-anak untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi termasuk ke UIN Ar-Raniry. [Rilis]