Mahasiswa UIN Lakukan Pengabdian di Seulimum dan Lembah Seulawah

Sumberpost.com | Aceh Besar – Sebanyak 280 mahasiswa UIN Ar-Raniry melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Seulimum dan Lembah Seulawah, Aceh Besar. Kegiatan tersebut wajib bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana.

280 mahasiswa tersebut, melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat berbasis program Participatory Action Research (KPM-PAR).

Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim diwakili oleh Wakil Rektor II UIN Ar-Raniry Luthfi Aunie dalam sambutan pada upacara serah terima peserta KPM-PAR 2016, Senin (11/4/2016) di Gedung Serba Guna Kantor Camat Seulimum, Aceh Besar, mengingatkan kepada seluruh peserta KPM PAR, agar dapat menjaga diri masing-masing serta nama baik almamater.

“Dalam kontek ini (KPM) ada dua hal yang ingin dicapai, antara lain ingin mengetahi apa yang dapat dikembangkan tempat tugas masing-masing dan peserta dapat belajar secara alamiah bersama masyarakat tempat tugas. Dua hal ini yang sangat penting untuk persiapan mereka nantinya setelah menjadi sarjana,” ujar Aunie.

Warek II menambahkan, setelah melakukan pengabdian ini mereka akan menulis laporan yang akan dinilai oleh masing-masing Keuchik gampong dan pimpinan daerah, untuk kemudian disampaikan kepada panitia pelaksana KPM PAR.

“Kami berpesan kepada peserta KPM, mohon perhatikan beberapal penting, diantaranya jaga diri baik-baik, menghormati adat-istiadat yang berlaku ditempat masing-masing dan jaga nama baik kampus UIN Ar-Raniry,” tegas Luthfi.

Selama melakukan pengabdian, lanjutnya, hal-hal yang dapat dikembangkan, silahkan ditulis bersama perangkat desa untuk disampaikan kepada camat dan Bupati Aceh Besar.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) Jakfar Puteh menyebutkan, seluruh peserta KPM-PAR akan melakukan pengabdian masyarakat sejak 11 April hingga 25 Mei 2016. Mereka ditempatkan pada dua kecamatan di Aceh Besar.

“280 peserta terdiri dari 95 laki-laki dan 185 perempuan, masing-masing 203 mahasiswa ditempatkan di Kecamatan Seulimum disebarkan pada 29 gampong dan 77 orang ditempatkan di Kecamatan Lembah Seulawah juga disebarkan pada 11 gampong. Sebelumnya seluruh peserta telah diberi pembekalan selama empat hari sebagai persiapan selama berada bersama masyarakat,” kata Jakfar.

Sementara itu, Staf ahli Bupati Aceh Besar Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Tarmizi MY mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyambut baik program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dia menyebutkan, sebelumnya juga telah sering dilakukan pengabdian mahasiswa UIN Ar-Raniry di Aceh Besar.

“Pahami, yakini dan tekunilah dengan hati nurani bahwa semua yang dipelajari di bangku kuliah akan bermanfaat penuh selama di masyarakat jika dpat dipergunakannya dengan tepat. Semoga pengalaman ini dapat menjadi pelajaran berharga dan dapat berkesan bagi kita semua,” pinta Tarmizi. [Rilis]