HMJ KPI UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Nasional

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ-KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry gelar seminar Nasional bertajuk Mengkritisi Tayangan Pertelevisian Indonesia.

Kegiatan tersebut diadakan di Museum Safwan Idris, UIN Ar-Raniry, Kamis (12/5/2016). Hadir sebagai pemateri seminar ialah anggota Komisi III DPR-RI, M. Nasir Djamil, serta Asisten III Pemerintah Kota Banda Aceh, Nuruddin.

Dekan FDK UIN Ar-Raniry, A. Rani Usman mengatakan, saat ini peran media massa sangat berpengaru pada semua hal, mulai dari kebijakan dan hal lain yang terjadi di lingkungan masyarakat.

“Oleh karenanya potensi yang dimiliki oleh mahasiswa KPI agar dapat mengambil peran itu,” kata Rani.

Sementara itu, M. Nasir Djamil mengatakan, informasi merupakan bagian penting bagi makhluk hidup, karena tanpa informasi, sesama manusia akan tampak seperti makhluk asing. Sebutnya, televisi salah satu media penyaji informasi.

“Informasi yang disiarkan oleh televisi ibarat pisau bermata dua, artinya informasi yang disampaikan ada yang positif dan ada juga yang negatif, oleh karena itu peran mahasiswa KPI adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memilih informasi yang disampaikan,” ujarnya.

Nasir Djamil mengajak kepada forum KPI itu, untuk terus melakukan kegiatan-kegitan yang dapat bermanfaat dan mensoosialisasikan kepada masyarakat bagai mana memilih informasi yang baik dan mahasiswa KPI punya tanggungjawab terhadap masyarakat untuk menyampaikan informasi tersebut.

Kegiatan Seminar Nasional dengan tema Mengkritisi Tayangan Pertelevisian Indonesia tersebut merupakan rangkaian dari musyawah kerja Forum Komunikasi Nasional prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) se-Sumatera. Tahun ini, UIN Ar-Raniry menjadi tuan rumah. []

Magang: Husna/rel