4.431 Calon Mahasiswa UIN Ar-Raniry Ikut UM-PTKIN 2016

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 4.431 Calon mahasiswa UIN Ar-Raniry mengikuti tes melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) pada Selasa (14/6/2016) di Auditorium Ali Hasjmy.

UM-PTKIN tersebut digelar serentak di seluruh Indonesia dan berlangsung selama dua hari hingga Rabu (15/6/2016).

Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim, didampingi para wakil rektor dan para dekan disela-sela monitoring pelaksanaan UM-PTKIN mengatakan, akan menerima lima ribu lebih calon mahasiswa tahun ini.

Proses penerimaan tersebut dilakukan melalui empat jalur, dan mahasiswa yang diterima melalui jalur UM-PTKIN sebanyak 2.000 mahasiswa atau 40 persen dari keseluruhan calon mahasiswa yang diterima.

“Lebih kurang 2.000 calon mahasiswa, dari total calon mahasiswa yang ikut tes jalur ini, akan belajar di 28 prodi agama dari total 43 prodi di UIN Ar-Raniry,” kata Farid.

Menurutnya, di tahun 2016 ini, kepercayaan masyarakat terhadap kampus yang dipimpinnya masih baik, hal tersebut dapat dilihat dari minat dan pendaftar yang memilih UIN Ar-Raniry terus meningkat.

Terkait dengan Program 3T (terjauh, tertinggal dan terluar) Perguruan Tinggi, menurut Rektor, ada lima kabupaten dan kota di Aceh yang mendapatkan 3T, yaitu Kota Subbulussalam, Aceh Singkil, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Simeulue.

“Biasanya pemerintah daerah merekomendasi nama-nama calon mahasiswa yang direkrut dari murid berprestasi di sekolah-sekolah dari daerah tersebut,” ujar Rektor.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Muhibbuthabary menyebutkan, jumlah pendaftar yang mengikuti ujian di UIN Ar-Raniry sebanyak terdiri dari 184 pada pilihan IPA, 2.374 IPS dan 1.873 peserta IPC. [Rilis]

Foto: Zuhri Noviandi