Peringati Hari Harimau Sedunia, Besok Komunitas Berunjuk Rasa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Berbagai komunitas di Banda Aceh, besok, Jumat (29/7/2016) bakal melancarkan aksi unjuk rasa memperingati Hari Harimau Sedunia di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Koordinator Aksi dari Earth Hour Aceh, Cut Ervida mengatakan, aksi peringatan Hari Harimau Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik agar memberi dukungan pada penyelamatan sisa harimau dengan target populasi harimau bisa meningkat dua kali lipat pada tahun 2020.

“Harimau sumatera saat ini dikawatirkan menuju ambang kepunahan karena habitatnya terus berkurang, banyak mati karena diburu untuk diperdagangkan,” kata Ervina pada Kamis (28/7/2016) sore.

Ia menyebutkan, di dunia saat ini hanya ada lima spesies harimau, salah satunya adalah harimau sumatera, satu-satunya spesies harimau yang tersisa di Indonesia. Sebelumnya Indonesia memiliki tiga spesies harimau, yaitu harimau bali dan harimau jawa yang sudah dinyatakan punah pada tahun 1927 dan 1975.

“Dukungan publik sangat penting untuk meningkatkan populasi harimau karena tekanan manusia merupakan faktor utama dari berkurangnya populasi harimau,” ujarnya.

Ia mengatakan, perlu aksi positif dari masyarakat, komunitas dan media untuk memberikan suara dan aksi nyata mendesak pemerintah dan aparat penegak hukum agar mengambil kebijakan dalam mencegah kepunahan harimau melalui kebijakan pembangunan yang pro lingkungan dan penegakan hukum terhadap kejahatan satwa.

Aksi unjuk rasa itu ditandai dengan memberikan cap jempol dukungan. Aksi peringatan hari harimau sedunia di Banda Aceh diinisiasi oleh Gerakan Earth Hour Aceh dan didukung oleh Forum Kolaborasi Komunitas. []

Abd Hadi F | ilustrasi: internet