Pustakawan UIN Ar-Raniry Raih Harapan 1 Lomba Nasional

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pustakawan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Yusrawati berhasil menjadi pemenang terbaik harapan I lomba pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat nasional tahun 2016 di Jakarta, 13–19 Agustus 2016.

Yusrawati mengatakan, dari 29 pustakawan se-Indonesia, ia berhasil melewati tahapan seleksi dengan lancar hingga terpilih menjadi pustakawan terbaik harapan 1 Nasional tahun 2016. Sebelumnya, ia terpilih menjadi pustakawan berprestasi tahun 2016 tingkat provinsi Aceh pada 14 Juli 2016 di Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh.

“Peserta juara 1 di tingkat provinsi kemudian bersaing lagi di tingkat nasional yang diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia. Dari 34 provinsi hanya diikuti 29 peserta sedangkan 5 provinsi lain tidak memenuhi kriteria. Saya mendapat juara 4 (harapan 1),” ujarnya dalam rilis yang diterima sumberpost.com (21/8/2016).

Tiga tahapan seleksi yang berhasil ia lewati yaitu, tes kognitif tentang wawasan kepustakawanan, mempertahankan karya ilmiah dengan judul makalah “Perpustakaan Sebagai Media Komunikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi”, serta wawancara dengan tiga pakar pustaka tentang konsep pengembangan perpustakaan di Indonesia.

Yusrawati merupakan dosen tidak tetap pada Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. Kedepan, ia berkeinginan untuk mewujudkan Perpustakaan UIN Ar-Raniry menjadi Perpustakaan Perguruan Tinggi yang bertaraf World Class University, khususnya dalam hal peningkatan webometric melalui diseminasi informasi atau publikasi informasi ilmiah.
Sedangkan untuk provinsi Aceh, ia ingin memfungsikan perpustakaan-perpustakaan desa yang ada untuk terus memanfaatkan koleksinya sehingga budaya baca masyarakat menjadi meningkat.

Untuk informasi, pada ajang pemilihan pustakawan berprestasi nasional tahun 2016, Juara 1 dari Daerah Yogyakarta, Juara II dari DKI Jakarta, JUara III dari Banjarmasin, Harapan 1 Aceh, Harapan II Sumatera Barat, dan Harapan III Surabaya. [Rilis]

Foto: internet