Penari Massal Meriahkan Pembukaan Pionir

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tidak kurang dari 600 penari massal dan teatrikal dari UIN Ar-Raniry meriahkan pembukaan Pionir VIII di Lapangan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh (26/4/2017). Mereka menampilkan tarian tradisional dan teatrikal tsunami yang menimpa Aceh 2004 lalu.

Tarian itu disaksikan langsung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, peserta Pionir dari 55 perguruan tinggi islam negeri se-Indonesia, serta sejumlah tamu lainnya.

Dalam tarian massal itu, terdapat beberapa formasi, seperti tari ranup lampuan, ratoh jaro, seudati dan rapai geleng. Disela tarian, dua mahasiswa yang memakai baju adat Aceh tampil membawa puisi berjudul Inilah Aceh karya Fikar W. Eda.

Koordinator Bidang Pergelaran Seni dan Budaya, Sri Rahmi menyampaikan, jika digabungkan penari, pemain musik, serta pemain teater, jumlah mahasiswa UIN Ar-Raniry yang terlibat hingga 750 mahasiswa.

Mereka sudah mempersiapkan penampilan itu dua bulan sebelum pembukaan Pionir VIII pagi tadi. “Saya bangga kepada penari-penari,” ujarnya. Ia berujar, peserta tarian dianjurkan banyak minum air putih karena cuaca panas. Para penari juga diberikan vitamin. []

Marni Marsa

Mungkin Anda Menyukai