Mahasiswa Aceh di Malang Resmikan Aceh Studies

Sumberpost.com | Malang – Forum Kajian Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Malang (Forkamapa) meresmikan “Aceh Studies” di Aula Asrama Aceh Putra, Malang, Minggu (1/10/2017).

Penasihat Keluarga Tanah Rencong di Malang, Riza Pahlevi dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat Aceh di Malang menyambut baik dengan kehadiran kajian Forkamapa dan peresmian “Aceh Studies”.

“Harapan kami semoga melalui forum ini melahirkan pemikir-pemikir Aceh yang progresif dan produktif bagi bangsa Indonesia secara umum dan khususnya Aceh,” kata Riza.

Sementara, Ketua Forkamapa, Khairul Azmi mengatakan bahwa sangat banyak masyarakat Aceh sekarang tidak tahu lagi akan sejarah bangsanya.

“Wajib bagi kita rakyat Aceh mengetahui sejarah sebagaimana kita mengetahui Islam. Pelajari agamamu dan pelajari sejarahmu maka kamu akan tau jati dirimu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Formapa merupakan himpunan yang berorientasi pada kajian dan diskusi ilmiah tentang berbagai problematika yang sedang berkembang.

Forkamapa juga merupakan forum pengkaderan mahasiswa/i S2 dan S3 yang sedang melanjutkan studinya di luar Aceh khususnya di Kota Malang.

Selain peresmian “Aceh Studies”, kegiatan itu juga dirangkai dengan diskusi publik yang bertema “Aceh Sebagai Lokomotif Pendidikan di Asia Tenggara” bersama pemateri Fridiyanto (Dosen UIN Sumatera Utara) dan Dhiaduddin (Pembina Forkamapa). [Rilis]