Zuhri Noviandi: Menulis Berita Straight News Itu Mudah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dimulai dari pertanyaan apakah itu straight news, Zuhri Noviandi memulai materinya tentang penulisan straight news.

Banyak juga hal lainnya yang dibahas oleh seorang wartawan yang bekerja di mediaaceh.co ini.

Materi tersebut dipaparkannya saat menjadi pemateri pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diselenggarakan oleh UKPM Sumberpost di Aula Biro Rektorat UIN Ar-Raniry, Minggu (8/10/2017).

Selain Zuhri acara PJTD tersebut juga diisi oleh beberapa pemateri yang sangat kompeten di bidangnya.

Penjelasan mengenai straight news diulas dengan sangat baik mulai dari jenis berita, unsur kelayakan berita, angle berita, anatomi berita, hingga sumber berita.

Yang paling terpenting dalam sebuah berita adalah menggunakan piramida terbalik.

Piramida terbalik di sini dimulai dari yang paling penting yaitu lead, yang kedua yaitu body yang merupakan bagian penting, hingga yang terakhir adalah penutup yang berisi hal yang dianggap kurang penting.

Selain itu, Zuhri juga memaparkan bagaimana untuk menulis berita dengan baik dan mengikuti tata cara dengan benar. Kata-kata yang digunakannya pun sangat mudah dipahami oleh peserta PJTD yang hadir.

Yang paling menarik adalah pembahasan Zuhri mengenai pengambilan angle berita yang dibuat ketika menulis berita. Dimaksudkan disini adalah bagaimana menentukan angle ketika membuat berita yang tidak umum sehingga menarik perhatian pembaca.

Zuhri mengatakan bahwa, sesuai pengalamannya dalam membuat angle yang bagus adalah dengan memikirkan angle tersebut ketika akan atau sedang dalam menulis berita dan jangan lupa untuk mencatat apa yang sudah dipikirkan. Dengan begitu ide yang sudah ada tidak akan terlupakan.

“Tips saya untuk membuat judul yang baik adalah buatlah angle yang pas, ketika kita sudah terpikir angle yang bagus, otomatis judul yang dibuat pun sudah ada,” tutur Zuhri ketika menjawab salah satu pertanyaan yang diajukan oleh peserta PJTD. [hsa]

Magang : Arwella ZS

Mungkin Anda Menyukai