UIN Ar-Raniry Kembali Buka Jalur PMB Lokal

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau PMB Lokal (Penerimaan Mahasiswa Baru) jalur Lokal. Ini merupakan jalur terakhir setelah sebelumnya menerima mahasiswa melalui jalur SNMPTN, SPAN PTKIN, SBMPTN dan UM PTKIN.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Muhibutthabry, usai memimpin rapat persiapan PMB Lokal di Ruang Sidang Rektor Lantai II Gedung Rektorat, Darussalam Banda Aceh, Selasa (3/7/2018).

Muhibuthabry mengatakan, UIN Ar-Raniry kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada kampus itu, yakni melalui jalur yang ke lima dari seluruh jalur yang dibuka pada tahun 2018 ini.

“Kami yakin banyak masyarakat Aceh yang ingin melanjutkan kuliah di UIN Ar-Raniry, namun belum ada kesempatan melalui jalur penerimaan yang dilakukan secara nasional, dengan persaingan yang sangat ketat seluruh Indonesia,” ujarnya

Menurut Muhib, melalui jalur ini akan lebih berpeluang, selain pilihan program studinya lebih banyak, jumlah pelamarnya juga diprediksikan lebih banyak dari Aceh, sehingga kesempatan bagi masyarakat Aceh lebih banyak.

Pada jalur PMB Lokal ini akan dibuka seluruh Prodi yang ada di UIN Ar-Raniry, baik jenjang strata satu (S1) maupun diploma tiga (D3), dengan jumlah total 44 prodi termasuk dua di antaranya merupakan prodi baru yang telah mendapatkan izin dari Menristekdikti mulai tahun ini, yakni prodi Kesejahteraan Sosial (Kesos) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan Prodi Teknologi Informasi pada Fakultas Saintek.

Muhibuthabry menyebutkan, kuota yang diterima melalui jalur PMB Lokal ini lebih kurang sebanyak 30 persen dari total yang diterima pada masing-masing prodi, ini kesempatan baik bagi calon mahasiswa.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry, Fadhli mengatakan, pendaftaran jalur PMB Lokal secara online ini telah dibuka sejak 25 Juni hingga 17 Juli mendatang, pembayaran dibuka sampai 18 Juli 2018 melalui Bank Aceh Syariah, dengan membawa nomor invoice dari bukti pendaftaran online tersebut.

“pendaftaran dapat dilakukan dengan cara membuka Laman resmi pmb.ar-raniry.ac.id(http://www.pmb.ar-raniry.ac.id/), mengisi formulir dengan biodata lengkap dan benar, klik daftar atau simpan dan calon peserta akan medapatkan nomor invoice pembayaran dan password. Peserta dapat melakukan pembayaran melalui Bank Aceh Syariah dengan memperlihatkan nomor invoice pembayaran dan password tersebut,” ujarnya.

Fadhli menambahkan, tahap berikutnya peserta melakukan Login kembali dengan user & password yang diperoleh bersamaan dengan invoice dan peserta dapat mencetak kartu ujian, panduan pendaftaran juga dapat dilihat pada link berikut ini (https://www.youtube.com/watch?v=-0nGzPy1a9k&feature=youtu.be).

Ujian tulis akan dilaksanakan pada 24 Juli di kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, hasil akan diumumkan pada 1 Agustus mendatang, info lebih lanjut dapat ditanyakan langsung melalui narahubung; 085213842960. [rel/ron]