Ar-Raniry Gelar Festival, Begini Rangkaian Acaranya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Milad ke-55, UIN Ar-Raniry adakan Ar-Raniry Creative Fair yang bertemakan “Tabangun Bangsa Dengan Ta jaga Adat Budaya”, Selasa (30/10/2018).

Kegiatan ini resmi dibuka oleh wakil wali kota Banda Aceh Zainal Arifin dan pemotongan pita untuk meresmikan stan pameran oleh warek I UIN Ar-Raniry Gunawan, serta menghadirkan peserta karnaval masing-masing perwakilan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) yang ada di lingkungan kampus setempat.

Dalam pidatonya  Zainal Arifin mengatakan, gubernur Aceh pun pantas berhadir dalam acara ini.

“Untuk membuka acara yang semeriah ini gubernur pun wajar jika hadir, jadi mahasiswa tidak perlu malu-malu untuk mengundang jantoeng hate rakyat, yaitu gubernur Aceh,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari kedepan juga dimeriahkan dengan perlombaan yang diikuti oleh siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Ada 4 kategori perlombaan yang akan di perlombakan, diantaranya kategori pendidikan yang terdiri dari debat bahasa Inggris, debat bahasa Arab, olimpiade sains, rangking 1, dan orasi ilmiah.

Selanjutnya kategori kesenian, terdiri dari lomba akustik, cipta baca puisi, mewarnai, khaligrafi, rapai geleng, ratoh jaroe, dan beat box.

Dari kategori agama hanya ada satu perlombaan, yaitu lomba MTQ. Yang terakhir adalah kategori olahraga.

Ketua panitia ACF, Ihsan Maulana mengatakan, acara ini  dijadikan sebagai ajang mengembangkan skill dari mahasiswa UIN dan juga siswa sekolah yang terlibat.

“Acara ini dijadikan sebagai ajang mengembangkan skill dari mahasiswa UIN maupun para peserta lomba lainnya,  dan dengan adanya acara Ar-Raniry Creative Fair Universitas kita makin dikenal lebih luas,” ujar Ihsan.[sal]

Mag: Riska Zulfira

Mungkin Anda Menyukai