Dalgona Coffe, Kopi Viral di Tengah Pandemi

Sumberpost.com | Pekanbaru – “Nguuuunguuuunguuuuuu,” pagi ini deru mixer memenuhi dapur seorang gadis yang sedang membuat kopi yang tengah viral di media sosial akhir-akhir ini. Ia mengaku sudah tiga minggu menghabiskan waktu di rumah sejak pemerintah meminta masyarakat untuk tetap di rumah saja.

Awalnya, ada seorang teman yang menantang mahasiswi bernama Naura Nazifa ini. Ia diminta untuk membuat kopi yang sedang viral, dalgona coffe. Kopi asal Korea Selatan yang mulai populer di tengah kebijakan sosial distancing.

Dengan bahan sederhana dan mudah didapat, Naura mulai mencampurkan bahan-bahan pembuat kopi dalgona.

“Pertama siapkan 5 sendok teh kopi instan, 5 sendok teh gula pasir, 5 sendok teh air panas dan dimixer semuanya sampe ngembang,” katanya saat mulai memasukkan satu persatu bahan ke dalam alat mixer tersebut.

Setelah dimixer kurang lebih 3 menit, adonan ini akan menjadi krim yang kental.

“Setelah kembang, kemudian siapkan susu cair merek apa aja di satu gelas,” ujarnya sambil menuangkan susu cair ke gelas.

Adonan yang telah mengembang tadi diletak di atas gelas yang sudah diisi susu cair. Tampaknya seperti minuman dua warna yang terdiri dari kopi berwarna coklat muda dan susu berwarna putih.

Naura mengatakan, sebenarnya tidak semua orang mampu berhasil membuat kopi ini, ini lah yang menjadi tantangan nya karena ada sebagian kopi yang tidak bisa mengembang saat di mixer, jadi sebaiknya menggunakan kopi tanpa ampas seperti Nescaffe.

“Dulu sering nongkrong ngopi sama temen temen, sekarang udah ga bisa semenjak adanya kebijakan pemerintah,” ujarnya.

Pengakuan Naura ini juga menjadi salah satu alasan ia ingin mencoba membuat dalgona coffe ini. Sekarang bisa ngopi ala cafe di rumah. []

Penulis: Uswatul Farida

Editor: Cut Della Razaqna