Kali ke-2 HUT RI di Tengah Pandemi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kemerdekan Indonesia sudah 76 tahun lamanya, yang mana pengibaran bendera merah putih pertama kali dikibarkan pada tahun 1945. Di tahun 2021 ini, kali ke-2 Indonesia melewati hari kemerdekaan dengan berbagai pembatasan aktifitas yang dirancang oleh pemerintah guna mengurangi kasus penyebaran Covid-19.

Covid-19, pandemi itu belum juga berakhir di Negri ini. 17 Agustus merupakan tanggal yang dinantikan oleh seluruh masyarakat yang memiliki darah keturunan Indonesia. Hari kemerdekaan sebuah negara yang seharusnya disambut dengan suka cita kini malah berbanding terbalik.

Rindu terhadap aktivitas sebelum Covid-19 memasuki ranah global? tentu saja. Meski sudah memasuki tahun ke-2, tapi tetap saja banyak masyarakat yang merindukan bagaimana kegiatan di hari kemerdekaan tersebut. Lantas apa saja kegiatan -17 Agustus yang dirindukan masyarakat Indonesia selama pandemi:

  1. Karnaval
    Karnaval merupakan satu dari berbagai kegiatan yang biasanya diselenggarakan ketika menyemarakkan hari ulang tahun RI dan hanya diselenggarakan sekali dalam setahun. Karnaval sendiri merupakan pawai dalam pesta perayaan yang mengetengahkan berbagai macam hal yang menarik dari yang dirayakan. Seperti menggunakan pakaian adat hingga pakaian hasil kreasi sendiri yang nantinya dipertontonkan didepan khalayak.
  2. Panjat Pinang
    Panjat pinang juga merupakan salah satu agenda tujuh belasan yang tidak kalah menariknya dari karnaval. Dimana orang berlomba-lomba untuk mencapai puncak pohon pinang dengan tujuan meraih hadiah yang telah digantung.
  3. Lomba Khusus 17 Agustus
    Terkadang jika dilihat sekilas, lomba yang diadakan saat tujuh belasan terkesan biasa, namun karena perlombaan itu sendiri diberlakukan saat HUT RI maka akan lebih seru dan menarik. Disaat hari kemerdekaan Indonesia biasanya orang-orang akan lebih kreatif dalam menciptakan berbagai perlombaan yang kadang jarang atau bahkan tidak pernah dilaksanakan pada hari-hari biasa. Misalnya, lomba makan kerupuk, balap karung, dan berbagai perlombaan kreasi daerah masing-masing.

Mira Mulyani misalnya, siswi SMPN 1 Tanah Luas, Aceh Utara ini mengatakan, banyak sekali perbedaan mengenai perayaan HUT RI selama Corona, dirinya mengaku selama memasuki SMP ia belum pernah merasakan meriahnya peringatan HUT RI.

“Saya lebih suka tujuh belasan sebelum adanya Covid-19, karena banyak kegiatan yang bisa diadakan dan lagi yang paling menarik adalah karnaval yang hanya bisa dilihat sekali dalam setahun,” kata Mira. Selasa, (17/8/2021).

Disisi lain Juzaila Nadhifa yang merupakan siswi dari pesantren Al-Fathani, Aceh Utara, juga ikut berpendapat, perayaan kemerdekaan sebelum Corona memang lebih menarik yang juga sekaligus kesempatan untuknya meminta izin pulang.

“Kalau misalnya HUT RI dirayakan dengan semestinya saya lebih senang, selain bisa mengikuti langsung perayaannya saya juga bisa pulang kerumah walaupun sebentar, pokoknya lebih seru HUT RI sebelum Corona,” pungkasnya. []

Dirgahayu Indonesia ku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Reporter : Nurul Hidayah

Editor : Uswatul Farida