UM-PTKIN Dibuka, Ini Dia Tips Lolos UM-PTKIN 2022

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pelaksanaan SPAN-PTKIN telah berakhir beberapa waktu lalu, bagi kamu yang belum beruntung lolos melalui jalur tersebut tak usah bersedih hati dan patah semangat, kamu masih punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, salah satunya melalui jalur UM-PTKIN.

Dilansir dari Wikipedia, UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan salah satu jalur masuk PTKIN yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang ada di Indonesia.

Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang hanya menggunakan nilai raport dan prestasi akademik sebagai penilaian, jalur UM-PTKIN justru mengambil penilaian melalui ujian dengan mengerjakan soal UM-PTKIN. Itu artinya kamu masih bisa memaksimalkan waktu dengan belajar yang giat agar dapat lolos pada seleksi ini.

Untuk menjadi bagian dari calon mahasiswa yang lolos seleksi UM-PTKIN, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Berikut tips lolos UM-PTKIN yang telah Sumberpost.com rangkum untuk membantu teman-teman menghadapi seleksi UM-PTKIN 2022.

  1. Cek Koneksi Internet dan Peralatan Ujian

Pelaksanaan UM-PTKIN tahun ini dilaksanakan secara online menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Untuk itu penting untuk memeriksa kembali komputer anda dan usahakan koneksi internet tetap stabil, tidak terganggu, dan cukup cepat selama ujian berlangsung.

  1. Pelajari Soal-soal UM-PTKIN Tahun Lalu

Dengan mempelajari soal-soal UM-PTKIN tahun lalu, kamu dapat mengetahui tipe soal yang sering muncul pada soal UM-PTKIN nanti. Tetapi bukan berarti soal yang muncul akan sama persis, hanya saja kamu sudah memiliki gambaran akan soal yang dihadapi dalam tes UM-PTKIN.

Selain itu, sering berlatih mengerjakan soal juga dapat mengurangi rasa gugup saat ujian karena kamu sudah terbiasa mengerjakannya dan melihat soal serupa.

  1. Menyicil Materi dengan Mengatur Jadwal Belajar

Berdasarkan website resmi UM-PTKIN, ada 3 kelompok ujian yang akan diadakan, yakni Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, Al Quran), Tes Kemampuan Bidang IPA, dan Tes Kemampuan Bidang IPS.

Untuk itu menyicil materi sangat diperlukan, mengingat ada beberapa materi yang diujiankan. Melansir dari Kompasiana.com, waktu belajar yang baik adalah belajar dengan cara menyicil, mempelajari materi jauh-jauh hari, tidak dengan “sistem kebut semalam”. Sistem belajar dengan SKS membuat kita memaksa otak kita dengan cepat harus menyerap informasi, dengan begitu otak kita akan tegang dan terbebani.

Menyicil materi dapat dilakukan dengan mengatur dan menulis jadwal materi apa yang ingin dipelajari setiap harinya, dengan begitu kamu tidak hanya terpaku pada satu materi dan melupakan materi lain yang juga diujiankan.

  1. Belajar Pada Waktu Tertentu Secara Rutin

Memilih waktu khusus dalam belajar secara rutin lebih efektif dibandingkan dengan mengubah-ubah waktu belajar setiap harinya. Hal ini dikarenakan dengan mengatur waktu secara tetap dalam belajar, dapat membentuk kebiasaan sehingga kita mampu konsisten mengerjakannya setiap hari, misalnya belajar di pagi hari setiap harinya dengan rentang waktu tertentu.

Kamu bisa menerapkan metode belajar 1-10, yaitu belajar selama satu jam kemudian istirahat selama sepuluh menit. Metode ini harus dilakukan setiap hari agar kebiasaan belajar yang teratur terbentuk.

  1. Memilih Teman Yang Suportif dan Membentuk Kelompok Belajar

Memiliki teman yang suportif dan mau berbagi ilmu sangat membantu kamu dalam mengupgrade pengetahuan dan informasi. Selain itu, belajar bersama juga dapat meningkatkan semangat dalam belajar.

Sebisa mungkin jauhi pergaulan dan lingkungan yang memberi masukan negatif kepadamu, yang mencela usahamu, merendahkan tekadmu, serta menganggap remeh proses belajar. Itu semua harus dihindari dan dijauhkan karena dapat membuat semangat mu jatuh hingga menjadi malas belajar.

  1. Menjauhkan Distraksi Saat Belajar

Ketika hendak belajar, jangan biarkan hal-hal yang ada disekitarmu mengganggu konsentrasi saat belajar. Jauhkan dan matikan handphone mu agar bisa fokus ketika belajar. Pilihlah tempat yang tidak bising, usahakan tidak belajar di atas tempat tidur karena itu akan membuat anda mengantuk.

  1. Fokus Pada Soal Yang Bisa Dijawab

Waktu pada saat tes UM-PTKIN sangatlah terbatas. Jadi jangan habisi waktu mu dengan satu soal. Jawablah soal yang mudah terlebih dahulu, artinya kamu dapat melewati soal yang sulit untuk sementara dan menjawabnya jika masih tersedia cukup waktu.

  1. Jaga Kesehatan

Di era pandemi Covid-19, menjaga kesehatan sangatlah penting, baik secara fisik maupun mental. Giat dalam belajar memang dianjurkan tetapi jangan sampai berlebihan. Oleh karenanya, luangkan juga waktu untuk beristirahat dan berolahraga. Mulailah hidup sehat dengan minum vitamin, tidur yang cukup, serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

  1. Berdoa dan Meminta Restu Orang Tua

Tips lolos UM-PTKIN yang terakhir ini tidak kalah penting dari tips yang lain dan tidak boleh dilupakan. Berdoalah dengan tulus dan berharap rahmat-nya agar kamu diluluskan. Namun, jika kita sudah berdoa dan berusaha dengan maksimal maka sisanya serahkan kepada yang maha kuasa dan bertawakallah, karena kita tahu bahwa manusia ini terbatas sedangkan Tuhan tak berbatas.

Tak hanya itu, kamu juga perlu meminta restu dan doa orang tua saat ingin melakukan ujian, karena doa mereka mustajab dan tidak tertolak.

Nah, itu dia tips lolos UM-PTKIN 2022. Masih ada waktu sekitar dua bulan untuk kamu mempersiapkan diri. Namun, tips tersebut sebaiknya dilakukan mulai dari sekarang agar menghasilkan persiapan yang matang. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. []

Reporter: Widdatul Hasanah
Editor : Nurul Hidayah