3 Golongan Pemuda Islam Pada Masa Libur Sekolah Maupun Kuliah

Sumberpost.com | Banda Aceh –
Liburan sekolah merupakan hal yang sangat dinantikan dan ditunggu-tunggu kehadirannya terutama bagi pemuda yang masih sekolah ataupun kuliah, kebanyakan masa liburan ini digunakan untuk jalan-jalan atau istilah milenial yang di pakai anak muda sekarang sering disebut dengan “Healing”

Golongan pemuda Islam dalam masa liburan, pada tulisan Aidh- Al Qorni dalam bukunya Syiath al- Qulub dan dikutip dari buku Cambuk Hati menjelaskan ada 3 golongan pemuda Islam pada masa liburan. Sahabat Sumberpost tahu tidak 3 golongan pemuda tersebut apa aja? Berikut ulasannya:

  1. Golongan Pemuda Yang Menganiaya Dirinya Sendiri

Golongan ini menganggap bahwa liburan adalah suatu kebebasan misalnya bermain, bernyanyi, makan, jalan-jalan, pergi dan lainnya. Golongan ini merupakan para pemuda yang merasa bebas dan pada masa ini para pemuda akan melampiaskan hawa nafsunya bahkan lupa dengan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah.

Mereka mengabaikan waktu dan berfoya-foya dengan uang, padahal kelak mereka akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang mereka perbuat.

  1. Golongan Pemuda Yang Bersikap Pertengahan

Golongan ini berbeda dengan golongan sebelumnya, pada golongan kedua ini para pemuda menggunakan waktu liburan dengan mengerjakan apa yang diperbolehkan seperti jalan-jalan, silaturahmi dengan teman-teman tanpa meninggalkan kewajiban dan segala perintah Allah serta menjauhi segala larangannya.

  1. Golongan Pemuda Yang Mempelopori Kebaikan

Golongan terakhir ini adalah golongan pemuda yang mempelopori kebaikan, maksudnya merekamereka-mereka yang mengisi waktu liburan dengan mengerjakan hal-hal yang positif dan bermanfaat, serta berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan sunnah rasul. Pemuda pada golongan ini menjalankan kewajiban terhadap Allah, serta kewajiban lainnya, karna mereka tahu bahwa mereka akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah di akhirat kelak terhadap perbuatan mereka.

Nah! dari tiga golongan tersebut, kira-kira sobat Sumberpost termasuk golongan yang mana? []

Mag: Nadifa Rahma Putri

Editor: Nurul Hidayah