Demisioner KPI Bekali Maba Agar Lebih Aktif Dalam Perkuliahan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMP KPI) melaksanakan Pengenalan Budaya dan Akademik Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry tingkat Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Sabtu, (19/08/2023).

Di hari terakhir PBAK Mahasiswa Baru (Maba) KPI diberikan beberapa materi untuk membangkitkan semangat para mahasiswa dalam menjalani perkuliahan di prodi KPI. Pemateri yang datang di acara PBAK prodi KPI kali ini sebagian besar adalah para demisioner yang pernah berkuliah dan menuntut ilmunya di prodi KPI UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Salah satu pemateri adalah Bustami, ia mengangkat tema seputar keorganisasian. Ia memaparkan beberapa pengalaman nya dalam membangun dan memperjuangkan organisasi yang kini sudah menjadi UKM tingkat universitas yaitu UKM Sumberpost.

“Mahasiswa itu harus bisa segalanya, maka kita dianjurkan untuk mengikuti berbagai organisasi”, jelas Bustami.

Bustami menambahkan, mahasiswa itu harus mandiri, tidak seperti masa Sekolah Menengah dahulu. Maka dari itu, untuk menunjang kemampuan dan skill kita dalam perkuliahan, dianjurkan untuk mengikuti berbagai organisasi yang ada di internal ataupun eksternal kampus.

“Jika kalian cari pengalaman itu setelah kuliah, maka itu akan memakan waktu yang panjang. Maka dari itu, dari sekarang cari pengalaman pengalaman melalui organisasi”, tambah Bustami.

Tak hanya itu, Puja Khazannah Putri selaku pemateri berikutnya juga memberikan meteri dan pengenalan terkait komunikasi dan penyiaran Islam. Di sela sela penjelasan nya, ia juga menambahkan beberapa tips dan trik untuk menjadi mahasiswa yang memiliki prestasi dan dapat menamatkan perkuliahan secara tepat waktu.

“Kita harus bisa kuasai mata kuliah, pertahankan IPK, hargai waktu, dan jangan lupa ingat akan amanat orang tua. Dan tambahannya, kita bisa merangkul dosen”, ucap Puja.

Ia juga menjelaskan tentang prospek kerja bagi lulusan KPI. Yang diantaranya, bisa menjadi seorang reporter, public speaking, influencer, script writer, dan pekerjaan pekerjaan di bidang penyiaran lainnya. []

Reporter: Anzelia Anggrahini
Editor: Raudhatul Jannah