Zakat Hendaknya Disalurkan Melalui Baitul Maal Aceh

Masyarakat Aceh Seharusnya dapat menyalurkan zakatnya di Baitul Maal Provinsi Aceh, mengingat masih banyak masyarakat Aceh yang sangat membutuhkannya.
Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pusat Studi Pendidikan dan Penelitian Ekonomi dan Keuangan Islam(P3-EKI) IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Israk Ahmad Syah, B. Ec, M. Ec, M. Sc di sela-sela Seminar Zakat (29/12) di Aula Fakultas Syariah kampus setempat.

“Baitul Maal Aceh harus melakukan pendekatan dan pengumpulan zakat dengan baik, terutama dengan pihak pemerintahan dan instansi swasta lainnya”.

Israk menambahkan, potensi pengumpulan zakat di Aceh masih 10% yang bisa tersalurkan kepada masyarakat, pengumpulan yang selama ini dilakukan hanya dari golongan PNS (Pegawai Negeri Sipil) saja, belum menyentuh ke sektor swasta, termasuk kalangan profesional.

Seminar Zakat ini diharapkan dapat memberikan informasi serta tersebar ke masyarakat menyangkut potensi pengumpulan zakat dan potensi pemberdayaan masyarakat.

Masyarakat Aceh dapat mempercayakan kepada Baitul Maal untuk mengelola zakat, karena selama ini yang dapat dikumpulkan oleh Baitul Maal masih sangat minim, kita berharap kesadaran masyarakat sendiri yang akan menyalurkan zakatnya melalui Baitul Maal di masa akan datang. Ujar Israk.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Muhammad Sahar menyebutkan, seminar zakat ini menghadirkan pemateri dari pakar ekonomi dan juga dari Baitul Maal, diantaranya Dr. Armiadi Musa, Dr. Shabri A. Madjid, M. Ec, dan Rizki Aulia, S. Pd. I.

Menurutnya, peserta yang ingin mengikuti acara ini sangat banyak, namun keterbatasan tempat dan hal lain, pihaknya membatasi sampai 80 peserta, yang terdiri dari akademisi, praktisi keuangan, mahasiswa dan umum.[Nat]

Institut Agama Islam Negeri IAIN Ar-Raniry

Mungkin Anda Menyukai