2096 Calon Mahasiswa IAIN Ikuti Seleksi Mandiri

Banda Aceh – Sebanyak 2096 calon mahasiswa Institut Agama Islama Negeri (IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh, mengikuti Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Mandiri, Rabu (31/7) di lingkungan Kampus setempat.

Bagi calon mahasiswa yang memilih MIPA ditambah waktu selama satu jam, materi tes katagori Non MIPA antara lain Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, sedangkan untuk katagori MIPA soal yang sama dan ditambah soal MIPA. Ujian kali ini dilakukan serentak.

Rektor IAIN Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA mengatakan, proses penerimaan mahasiswa baru jalur PMB mandiri sangat menguntungkan bagi calon mahasiswa dari daerah, yang berasal dari Aceh lebih banyak memiliki kesempatan.

“Kualitas mahasiswa yang lulus memalui jalur mandiri tidak beda dengan yang lulus jalur nasional, bahkan beberapa orang yang memilih jurusan tertentu, malah lebih unggul yang masuk jalur mandiri dari pada SPMB Nasional,” ungkap Rektor

Hal itu yang menjadi pertimbangan pimpinan IAIN Ar-Raniry untuk membatasi dan memberi kesempatan peluang yang sama ke semua jalur penerimaan mahasiswa baru IAIN Ar-Raniry tahun 2013 ini. secara umum koutanya dibagi 60% untuk nasional dan 40% jalur mandiri, papar Rektor.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di IAIN Ar-Raniry pada SPMB-PTAIN nasional sebanyak 1293, sedangkan yang telah mendaftar ulang pada JPA 342, undangan 196 dan dari lulus nasional 856, pendaftaran ulang sampai Jumat 2 Agustus.

 “Di kampus Ar-Raniry, SPP atau biaya kuliah mahasiswa untuk semua jurusan sama, baik jurusan MIPA atau Non MIPA standar biaya sama,” Farid. Pengumuman ujia kali ini dilakukan melalui online di situs pmb.ar-raniry.ac.id. []

AR, Rilis

Mungkin Anda Menyukai