Perubahan Status IAIN Jadi UIN Oktober Ini

Sumberpost.com | Banda Aceh – Perubahan status IAIN Ar-Raniry menjadi UIN ditargetkan pada Oktober tahun ini. rektorHal itu disampaikan Rektor IAIN, Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim MA di sela-sela acara Seminar Internasional yang diadakan kampus tersebut, Senin, (30/9).

Kepada sumberpost.com, Rektor mengatakan bahwa saat ini keputusan perubahan status itu sedang diproses oleh presiden. Menurutnya, beberapa waktu lalu, SBY sudah mengatakan bahwa perubahan itu sudah mencapai tahap finalisasi.

“Mungkin sudah ditandatangani tapi belum keluar. Saya sudah ngomong sama pak MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar) kalau Oktober nanti harus sudah berubah menjadi UIN. Dan beliau mengatakan oke!,” kata Rektor.

Nantinya ketika sudah diresmikan, Rektor mengaku IAIN akan melakukan penambahan dua fakultas. Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Ilmu Sosial. “Untuk sementara dua fakultas dulu. Ilmu sosial tentu berbeda dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Kalau Fakultas Ilmu Sosial lebih kepada yang bersifat umum. Tapi tetap kita warnai dengan pengetahuan Islam,” jelasnya.

Penggantian nama IAIN menjadi UIN tambahnya, sudah digadang-gadangkan sejak empat tahun lalu. Banyak proses yang telah dilewati. Seperti meyakinkan berbagai pihak dan lainnya. “Sekarang tinggal kita tunggu saja,” pungkas Rektor yang sudah memasuki periode kepemimpinannya di IAIN itu. [AR]

Mungkin Anda Menyukai