Peringati Perdamaian Aceh, Kotak Hitam Putar Film

Sumberpost.com – Memperingati sembilan tahun usia perdamaian Aceh, Kotak Hitam menggelar serangkaian diskusi dan pemutaran film yang bertemakan perjuangan dan perdamaian.
kotak-hitamPemutaran film dan diskusi yang bertemakan “Menonton untuk Mengingat” akan dimulai pada Kamis (14/8/2014) hingga Sabtu (16/8/2014) di Taman Sari, Banda Aceh.

Fairuziana Humam, public relation Kotak Hitam Banda Aceh, menyebutkan, pemutaran film ini merupakan cara anak muda di Banda Aceh untuk memperingati sembilan tahun usia perdamaian antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka –yang ditandatangani 15 Agustus 2005 lalu di Helsinki, Finlandia.

“Kami ingin mengajak masyarakat Aceh untuk napak tilas proses perdamaian lewat film nasional dan internasional,” kata Fairuziana kepada acehkita.co, Kamis (13/8/2014).

Film yang bakal diputar bertema tentang perjuangan dan perdamaian, seperti “Tjoet Nja’ Dhien”, “Five Broken Cameras”, “Cahaya dari Timur: Beta Maluku”, “No Man’s Land”, Kompilasi Film 9808 dari Proyek Payung”, dan “One Day After Peace”.

“Film yang kami pilih itu mampu menjelaskan proses transisi menuju perdamaian. Tiga kategori film itu adalah konflik, negosiasi, dan pascakonflik,” lanjut Fairuziana.

[sumber: acehkita.co]

Mungkin Anda Menyukai