Kode Etik Tetap Berlaku Untuk Jurnalisme Warga

Sumberpost.com | Banda Aceh – Widya Saputra, jurnalis senior yang menjadi pembicara Pelatihan Jurnalistik Metro TV On Campus menegaskan kode etik jurnalistik tetap berlaku bagi semua jurnalis profesional, tak terkecuali jurnalisme warga.

IMG_2597

Pro dan kontra pun mewarnai diskusi mengenai jurnalisme warga di AAC Dayan Dawood, Darussalam, Kamis (18/12). Beberapa peserta menanyakan soal berimbangnya berita yang di sajikan oleh jurnalis warga, karena kerap kali tidak ada verifikasi dari pihak terkait.

Widya menjelaskan, pihak Metro TV tetap akan melakukan chech and re check untuk memastikan bahwa peristiwa yang di liput oleh jurnalis warga adalah fakta. “Filterirsasi akan kita lakukan, jadi semua berita yang kami tanyangkan sudah menjadi tanggung jawab kami.”

Menurut Widya, Kepentingan publik harus di utamakan. “Tingkat emergency dari satu perisitwa kalau memang itu penting akan di publikasikan. Good news bisa ‘menyentil’ manusia untuk melakukan perubahan. Jurnalis yang memiliki integritas tidak mengharapkan fee,” pungkas Widya.

Saat ini Metro TV punya program yang menunjang jurnalisme warga yaitu Wide Shot. “Saya yakin berita yang di tanyangkan Metro TV memberikan dampak positif bagi masyarakat. Metro saat ini masih independen dan berpihak kepada masyarakat.”

Abdul hadi firsawan | Foto : Zuhri noviandi

Mungkin Anda Menyukai