Jeruk, Pir, dan Melon Sering di Beli Saat Musim Hujan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Hujan kerap mengguyur Kota Banda Aceh belakangan ini. Pun demikian, masyarakat mulai pilih-pilih dalam mengkonsumsi buah, sebut saja jeruk, pir, dan melon. Beberapa jenis buah tersebut yang paling sering di beli oleh masyarakat.

Pedagang buah di Lampineung, Umar mengaku, penjualan jeruk meningkat sejak beberapa hari lalu. “Cuaca kadang berpengaruh untuk pembeli. Kalau panas, mereka biasa beli semangka, tapi kalau lagi hujan, mereka beli jeruk dan melon,” ujarnya, Rabu (22/4/2015).

Selain itu, buah dikenal mempunyai banyak manfaat. Jeruk salah satunya, buah ini mengandung banyak vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi penyakit flu.

Sementara itu, beberapa jenis buah mengalami kenaikan harga. Harga buah alpukat naik menjadi Rp15 ribu /kg, dari sebelumnya Rp8 ribu /kg dan harga buah anggur impor naik menjadi Rp100 ribu /kg, dari sebelumnya Rp80 ribu /kg.

Kendati demikian, buah semangka turun menjadi Rp5 ribu/kg, dari sebelumnya di jual seharga Rp7 ribu /kg dan buah nenas di jual seharga Rp8 ribu /kg, turun dari harga Rp10 ribu /kg.

Harga buah mengalami perubahan,kata Umar, sejak awal bulan April. Penyebab perubahan harga, karena stok yang tersedia di pasar tidak stabil.

“Kalau harga naik itu, karena stok di pasar kurang. Kalau harga turun itu, karena stok di pasar lagi banyak,” jelasnya. []

Abdul Hadi F

Mungkin Anda Menyukai