Kepala BEI Aceh Isi Seminar Pasar Modal

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dewan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (DEMA-FSH) UIN Ar-Raniry menyelenggarakan seminar Hukum Pasar Modal Syariah di Indonesia pada Senin (18/5/2015) di gedung aula fakultas tersebut.

Seminar yang mengusung tema To Be The Next Investor To Get Falah ini menghadirkan pemateri Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Nazaruddin A. Wahid dan Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Aceh, Thasrif Murhadi.

Pasar modal, diharapkan menjadi solusi bagi investor yang ingin menanamkan modal. Hal ini juga berfungsi untuk mengatasi inflasi. Pasar modal berbasis syariah sendiri baru dibentuk belakangan ini dan sebelumnya masih berlaku pasar modal konvensional.

Konsep dasar pasar modal syariah menurut Nazaruddin adalah investasi jangka panjang dan bukan spekulasi (untung-untungan).

Sementara itu, efek syariah diatur pelaksanaannya melalui akad yang cara dan kegiatan usaha tersebut tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

Kepala BEI Thasrif Murhadi mengharapkan mahasiswa untuk ikut membeli saham sebagai bekal masa depan. Ia menambahkan, saham terdiri atas satuan lot, dan satu lot terdiri dari 100 lembar. Untuk menjadi investor minimal harus membeli 1 lot.

“Harga saham perlembar, tidak sampai jutaan,” terang Thasrif saat berbicara dihadapan ratusan mahasiswa. []

Khayatul Wardani

Mungkin Anda Menyukai